PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 104202 BANDAR SETIA T.A 2023/2024

Dewi Haizah Samosir, Irsan Irsan, Robenhart Tamba, Elvi Mailani, Laurensia M. Perangin-angin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika materi pecahan berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Permasalahan yang dihadapi adalah buku ajar yang kurang efektif dalam penanaman konsep matematika dan keterbatasan pemahaman guru dalam penerapan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V SDN 104202 Bandar Setia. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes, dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan buku ajar ini valid dengan persentase rata-rata 80% untuk validasi materi, 93,3% untuk validasi media, dan 96% untuk validasi kepraktisan. Uji coba lapangan menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata pre-test 45,13 dan post-test 81,13.

Keywords


Pengembangan; Buku Ajar; Matematika; Pecahan; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. D. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Rodsakarya.

Anggraini, W., & Hidayat, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Kpk Dan Fpb Di Kelas V Sd. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(5), 919-930. https://stpmataram.ejournal.id/JIP/article/view/2146

Azkiyah, S. (2013). Pengembangan buku ajar matematika materi pecahan berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk SD/MI (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uinmalang.ac.id/7295/

Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469-478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Hanafiah, N. & Cucu, S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Afitama.

Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Kosdakarya.

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(1), 394-405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.628

Muhsetyo Gatot dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas terbuka.

Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD. Jakarta: Universitas terbuka

Muslich, M. (2010). Tekt Book Wruing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Permendiknas Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persabda.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yoppy, P. W. (2015). Pembelajaran Matematika untuk PGSD. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.58210

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Haizah Samosir, Irsan Irsan, Robenhart Tamba, Elvi Mailani, Laurensia M. Perangin-angin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
slot gacor slot