HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 101831 BINTANG MERIAH TA.2023/2024

Sekar Apriyanti, Laurensia Masri Perangin-angin, Irsan Irsan, Lala Jelita Ananda, Waliyul Maulana Siregar

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan Penerapan Kurikulum Merdeka Dengan Motivasi Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV  dan V SD di SDN 101831 Bintang Meriah yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Kurikulum Merdeka berhubungan secara signifikan dalam motivasi belajar siswa kelas IV dan V di SDN 101831 Bintang Meriah. Hal ini dibuktikan dengan analisis uji korelasi diperoleh data rxy sebesar 0,978 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Kemudian, hal tersebut di perkuat lagi dengan adanya uji hipotesis yang memperoleh nilai t hitung (28, 739) > t tabel (2,0243). Maka dari itu dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka dengan motivasi belajar siswa.

Keywords


Penerapan Kurikulum Merdeka; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2018). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87-93. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1190

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. www.ult.kemdikbud.go.id

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makruf, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (R. Aqli (Ed.); 1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Nurdiana. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 05 Enam Lingkung Setelah Kembali Pembelajaran Tatap Muka. Jurnal Social, Humanities, and Education studies (SHEs), 3(4), 1030-1036. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55672

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak transisi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar terhadap minat belajar siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 41-49. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss4.321

Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 131-138. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss4.375

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.58366

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sekar Apriyanti, Laurensia Masri Perangin-angin, Irsan Irsan, Lala Jelita Ananda, Waliyul Maulana Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.