PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI 105272 PURWODADI T.A 2023/2024

Cindy Theresia Manullang, Eva Betty Simanjuntak

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Populasi Penelitian ini kelas IV SDN 105272 Purwodadi dengan sampel terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA dan IVB sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Hasil dari analisis data menggunakan uji t dan hasil yang diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Uji normalitas lilliefors didapat Lhitung= 0,0883 sedangkan dari daftar uji liliefors pada taraf nyata α = 0,05 maka Ltabel = 0,195, sehingga Lhitung< Ltabel (0,0883 < 0,195) yang berarti data berdistribusi normal. (2) Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,145 < 2,302) artinya varians berasal dari berdistribusi yang homogen. (3) Uji hipotesis diperoleh thitung = 10,849 dan ttabel= 1,63. Kriteria pengujian adalah H0 diterima jika thitung< ttabel. Dari hipotesis diperoleh thitung> ttabel atau 10,849>1,63, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang posistif dan signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh Role Playing terhadap kemampuan Berbicara.

Keywords


Role Playing; Kemampuan Berbicara; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104-114. https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/JCED/article/view/466

Arikunto. (2010). Metode Penelitian.

I Nyoman, A. (2017). AKTIVITAS FISIK, STRES OKSIDATIF DAN PENUAAN. http://repo.unhi.ac.id/handle/123456789/960

Putri, D. A., & Sya, M. F. (2022). Kemampuan pengucapan bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 357-364. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7820

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rohmanurmeta, F. M. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31. http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5960

Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275-7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3472

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dalam menghadapi era revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2566

Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif).




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.58432

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cindy Theresia Manullang, Eva Betty Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.