PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI 105272 PURWODADI T.A 2023/2024

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cindy Theresia Manullang
Eva Betty Simanjuntak

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Populasi Penelitian ini kelas IV SDN 105272 Purwodadi dengan sampel terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA dan IVB sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Hasil dari analisis data menggunakan uji t dan hasil yang diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Uji normalitas lilliefors didapat Lhitung= 0,0883 sedangkan dari daftar uji liliefors pada taraf nyata α = 0,05 maka Ltabel = 0,195, sehingga Lhitung< Ltabel (0,0883 < 0,195) yang berarti data berdistribusi normal. (2) Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,145 < 2,302) artinya varians berasal dari berdistribusi yang homogen. (3) Uji hipotesis diperoleh thitung = 10,849 dan ttabel= 1,63. Kriteria pengujian adalah H0 diterima jika thitung< ttabel. Dari hipotesis diperoleh thitung> ttabel atau 10,849>1,63, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang posistif dan signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh Role Playing terhadap kemampuan Berbicara.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Cindy Theresia Manullang, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Eva Betty Simanjuntak, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan
How to Cite
Manullang, C. T., & Simanjuntak, E. B. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI 105272 PURWODADI T.A 2023/2024. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(1), 129–137. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.58432

References

  1. Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
  2. Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104-114. https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/JCED/article/view/466
  3. Arikunto. (2010). Metode Penelitian.
  4. I Nyoman, A. (2017). AKTIVITAS FISIK, STRES OKSIDATIF DAN PENUAAN. http://repo.unhi.ac.id/handle/123456789/960
  5. Putri, D. A., & Sya, M. F. (2022). Kemampuan pengucapan bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 357-364. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7820
  6. Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
  7. Rohmanurmeta, F. M. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31. http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5960
  8. Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275-7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3472
  9. Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dalam menghadapi era revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2566
  10. Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif).