PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di MIS Nur Al-Amin Medan T.A 2023/2024. Populasi penelitian ini terdiri dari 92 siswa yang terdiri 31 siswa kelas IV-A, 32 siswa kelas IV-B, dan 28 siswa kelas IV-C. Sampel penelitian menggunakan teknik Nonequivalent Control Group Design, jenis penelitian yaitu quasi experimental design. Sebelum dilaksakannya penelitian instrument penelitian dilakukan oengujian yaitu uj validitas, Realibilitas, Daya Beda, dan Kesukaran instrument. Tahap berikutnya kedua kelas sampel akan diberikan pretest (tes awal), lalu akan diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL dan kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah) dan tahap berikutnya akan diberikan posttest (tes akhir). Sebelum dinyatakannya hipotesis bahwa terdapat pengaruh, maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk melihat data berdistribusi normal dan homogen, lalu dapat disimpulkan pada tahap akhir melalui uji hipotesis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsanti, M., Zulaeha, I., & Subiyantoro, S. (2021, December). Tuntutan kompetensi 4C abad 21 dalam pendidikan di perguruan tinggi untuk menghadapi era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 4, No. 1, pp. 319-324). https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/895
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD pada muatan IPA. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 4(3), 422-432. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28165
Helmon, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadapkemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 38-52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/254
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.58575
Article Metrics
Abstract view : 64 timesPDF - 38 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adinda Istiqomah Siregar, Fahrur Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.