PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizki Maulida
Riska Fadhilah Hutasuhut
Sriadhi Sriadhi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode plomp. Tujuan pada penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Media pembelajaran yang dikembangkan ini akan dilihat keefektifannya dalam meningkatkan aktivtas belajar siswa, efektifitas aktivitas belajar siswa dilihat dengan membandingkan antara kelas kontol yang diberikan media pembelajaran yang umum dilakukan didalam kelas, sedangkan kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan dengan media pembelajaran berbasis multimedia. Melihat efektifitas media pembelajaran ini menggunakan uji N gain.hasil dari penelitan ini diperoleh Hasil aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia adalah 44 dan setelah menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia Nilai siswa 75.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Rizki Maulida, Universitas Battuta

Fakultas Hukum dan Pendidikan

Riska Fadhilah Hutasuhut, Universitas Battuta

Fakultas Hukum dan Pendidikan

Sriadhi Sriadhi, Universitas Negeri Medan

Fakultas Teknik
How to Cite
Maulida, R., Hutasuhut, R. F., & Sriadhi, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(1), 145–156. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.59397

References

  1. Aidar, A., Maya, M. A., & Juliana, R. (2022). Dry Lab: media untuk meningkatkan minat belajar IPA. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(2), 112-125. https://doi.org/10.32505/azkiya.v7i2.4407
  2. Astuti, I. A. D., Nursetyo, K. I., Hanafi, I., & Susanto, T. T. D. (2023). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPA: Study Literature Review. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 5(1), 34-43. https://journal.unindra.ac.id/index.php/jpeu/article/view/1859
  3. Isa, V., Meha, A. M., & Manggoa, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Pembelajaran Komik Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Kelas Viii Smp Negeri Mandala Raimanuk Tahun Ajaran 2018/2019. Indigenous Biologi: Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 3(2), 83-91. https://doi.org/10.33323/indigenous.v3i2.62
  4. Islami, I., & Dafit, F. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas V SDN 83 Pekanbaru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1049-1059. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1338
  5. Junaidi, S. (2023). Penerapan Virtual Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kota Langsa Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 229-240. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/6949
  6. Maharani, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif.
  7. Najiyah, R. R., & Rofi™ah, S. (2023). The LKPD Design with the CIRC Type Cooperative Learning Model at MI Al Huda Banyuarang. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 156-168. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/6827
  8. Nurjanah, A. N., & Fauzi, W. N. A. (2020). Asesmen Hasil Belajar Berbasis Teknologi. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 73-89. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/2138
  9. Oemar, H. (2007). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
  10. Prayogo, M. S., & Irma, M. F. L. (2022). Efektivitas penggunaan media audio visual di SDN Wonosari 01 Kabupaten Bondowoso. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(2), 156-163. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/5244
  11. Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di era pandemi covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147-154. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022
  12. Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegesindo.
  13. Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01-06. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1929