WORKSHOP PENGGUNAAN CANVA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN KECAMATAN HAMPARAN PERAK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Halimatussakdiah Halimatussakdiah
Muharrina Harahap
Elvi Mailani
Fahrur Rozi
Khairunnisa Khairunnisa

Abstract

Kegiatan pengabdian dilakukan bertujuan untuk menciptakan guru yang mandiri dengan memberikan pendidikan, pelatihan, dan workshop kepada guru untuk dapat mengembangkan diri dalam memanfaatkan teknologi pintar sebagai media pembelajaran di SD pada kurikulum merdeka. Kegiatan ini berfokus pada pembuatan produk media pembelajaran menggunakan Canva. Mitra kegiatan ini adalah SDN Kecamatan Hamparan Perak yang meliputi tiga sekolah dengan melibatkan 40 guru. Kegiatan pengabdian dikemas melalui kegiatan workshop menggunakan metode ceramah dan persentasi dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab dan praktik pembuatan produk media pembelajaran sederhana. Pengabdian dilakukan dengan empat tahapan, yaitu tahapan persiapan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa guru mampu mengimplementasikan aplikasi dan merancang materi ajar dalam aplikasi Canva yang menghasilkan media pembelajaran berbasis teknologi pintar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Muharrina Harahap, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Elvi Mailani, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Fahrur Rozi, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Khairunnisa Khairunnisa, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan
How to Cite
Halimatussakdiah, H., Harahap, M., Mailani, E., Rozi, F., & Khairunnisa, K. (2024). WORKSHOP PENGGUNAAN CANVA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN KECAMATAN HAMPARAN PERAK. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(1), 15–21. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.59542

References

  1. Ammy, P. M. & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27-35. https://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/1354
  2. Andrijati, N. (2014). Penerapan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123-132. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPP/article/view/5696
  3. Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905
  4. Ayu, S. (2017). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Ips Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689“1699.
  5. Darsyah, S. (2023). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 857-861. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12957
  6. Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79.
  7. Sapriyah, S. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798