PENGEMBANGAN MODEL DESIGN DIDACTIC RESEARCH (DDR) UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR (LEARNING OBSTACLE) MATEMATIKA

Andri Kristianto Sitanggang, Asrin Lubis, Tetty Suyanty Elisa

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model Didactic Design Research untuk mengatasi hambatan belajar matematika mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Mengenai validitas produk, hasil data validasi dari ahli materi diperoleh persentase 82,15% yang termasuk dalam kategori layak dan revisi serta hasil data validasi ahli model diperoleh persentase 83,42% dengan kategori layak. Rancangan didaktis yang dikembangkan untuk mengatasi hambatan belajar matematika mahasiswa didasarkan pada hubungan dosen, mahasiswa, dan materi digambarkan menjadi sebuah Segitiga Didaktis. Segitiga Didaktis ini kemudian dimodifikasi karena hanya menggambarkan hubungan pedagogis (HP) antar dosen dan mahasiswa dan hubungan didaktis (HD) antara mahasiswa dan materi. Setelah dimodifikasi Segitiga Didaktis menggambarkan hubungan pedagogis (HP) antar dosen dan mahasiswa dan hubungan didaktis (HD) antara mahasiswa dan materi, dan hubungan antisipasi dosen dan materi yang disebut sebagai antisipasi didaktis dan pedagogis (ADP).

Keywords


Hambatan Belajar Matematika; Design Didactic Research

Full Text:

PDF

References


Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis kesulitan- kesulitan belajar matematika. Mimbar PGSD UNDIKSHA: Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5070

Fauzi, I., & Suryadi, D. (2020). Didactical design research untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 58-68. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2207

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). 115-127. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Kemendikbud. (2022). Program Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud.

Miliyawati, B. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang Serta Perbandingannya dengan di Indonesia. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol1no1.2016pp1-16

Suryadi, D. (2018). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Departemen Pendidikan Matematika UPI.

Zulhendri, Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 122-134. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.14




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.60118

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andri Kristianto Sitanggang, Asrin Lubis, Tetty Suyanty Elisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.