KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN MANAJAMEN PEMASARAN PENDIDIKAN

Kamtini Kamtini, Wildansyah Lubis

Abstract


Kehadiran kepala sekolah dalam pelaksanaan pemasaran pendidikan sangat penting dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan evaluasi secara kualitatif bagaimana peran kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen pemasaran penididkan di taman kanak-kanak. Ditemukan dalam penelitian ini bahwa kepala sekolah dalam mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi ketercapaian pemasaran pendidikan, diantaranya didasari oleh pemahaman kepala sekolah perihal karakteristik masyarakat yang ada di sekitar sekolah.

Keywords


Kepala Sekolah; Pendidikan; Standar

Full Text:

PDF

References


Amrullah, M., & Hikmah, K. (2019). Pendidikan Ramah Anak dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1883

Herlida, A. (2022). PENDAMPINGAN LEMBAGA PAUD DALAM MEMAHAMI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN GUNA PERCEPATAN AKREDITASI. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 34-43. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2556

Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 146-153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Lisnawati, R. (2017). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(2), 143-149. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p143-149

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal of Management Review, 4(3), 543-548. https://jurnal.unigal.ac.id/managementreview/article/view/4524

Raharjo, S. B., Yuliana, L., & Yudha, Y. H. (2018). Capaian standar nasional pendidikan sebagai prediktor mutu sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 129-140. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.750

Rinta, A. S., Febriana, D., & Wulandari, R. (2022). Strategi pengelolaan pemasaran pendidikan anak usia dini. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(2), 198-205. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v1i02.201

Safitri, A. (2021). Manajemen Kepala Sekolah. CV. Scientifik Corner Publishing.

Sulaeman, D. (2021). Manajemen Satuan PAUD ditinjau dari Standar Pengelolaan dalam Peningkatan Mutu Kelembambagaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 458-462. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1112

Ulum, M. (2020). Kebijakan standar nasional pendidikan. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 11(1), 105-116. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3845

Wahyudi, K. (2016). Manajemen pemasaran pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 4(2), 99-116. https://www.jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/43




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.60163

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kamtini Kamtini, Wildansyah Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.