PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI

Ruth Angelina Habeahan, Septian Prawijaya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri berdampak pada prestasi akademik siswa kelas lima di SDN 101775 Sampali. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimental, dengan menggunakan sampel acak untuk pemilihan partisipan. Penilaian dilakukan melalui tes yang terdiri dari 10 pertanyaan objektif. Analisis melalui uji-t mengungkapkan bahwa nilai-t yang dihitung (2799) melebihi nilai-t kritis (1706), yang menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara kedua kelompok yang terpapar model pembelajaran inkuiri. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri berdampak positif terhadap prestasi akademik siswa kelas lima di SDN 101775 Sampali.

Keywords


Hasil Belajar; Pengaruh; Model Pembelajaran Inquiry

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, . . . Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zini.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Ediza, E., Saam, Z. S. Z., & Yakub, E. Y. E. Faktor-faktor Penyebab Siswa Memperoleh Nilai Dibawah Kkm pada Mata Pelajaran Matematika, Sains, dan IPS Sdn 010 Bangko Sempurna (Doctoral dissertation, Riau University).

Mario, P. N., Bulan, A., Febrina, A., Susilowaty, N., Fatchurrohman, M., Novianti, W., . . . Mardhiyani, D. (2022). Model-Model Pembelajaran. Carenang: PT Sada Kurnia Pustaka.

Muthmainnah, Udin, T., Sianturi , M. K., Nasution , S. I., Purnomo, A., Rifai, A., . . . Syamsuddin, N. (2022). Sistem Model Dan Desain Pembelajaran. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.. 289-302.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 27-36. https://doi.org/10.57094/ndrumi.v5i1.517

Setiawan, M. A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETH, CV.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.61407

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ruth Angelina Habeahan, Septian Prawijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.