PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA MATERI POKOK SEGITIGA SEBANGUN DI KELAS IX-1 SMP NEGERI 7 MEDAN

Nurbadriah .

Abstract


Penelitian dilaksanakan dalam PTK selama dua siklus dengan subjek penelitian berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pada siklus I 24 siswa mendapat ketuntasan belajar, atau persentasi kelulusan sebesar  68,6 % dan pada siklus II 32 siswa mendapat nilai tuntas, dan 3 orang siswa tidak mendapat nilai tuntas atau ketuntasan sebesar  91,4%  ; 2) Data aktivitas menulis membaca 46,5%, mengerjakan LKS 27%, bertanya sesama teman 5,5%, bertanya kepada guru 7,5%, dan yang tidak relevan 13,5%. Data aktivitas menulis membaca 25%, mengerjakan LKS 49%, bertanya sesama teman 10,5%, bertanya kepada guru 6,5%, dan yang tidak relevan 9%.

 

Kata Kunci :  Learning Cycle,Hasil Belajar, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6356

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nurbadriah .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.