PENERAPAN PLATFORM BAAMBOOZLE PADA PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN 066050 MEDAN DENAI

Authors

  • Nila Julitasari Br Simanjuntak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Feri Haryati Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Duma Pasaribu SD Negeri 066050 Medan Denai

DOI:

https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64402

Keywords:

Baamboozle, TaRL, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain inovasi menggunakan platform bamboozle dan pendekatan TaRL pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini terdiri dari siswa Kelas III SD 50 Medan Denai berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform Bamboozle pada pembelajaran Matematika kelas III SDN 50 Medan Denai secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada aspek kognitif, nilai rata-rata meningkat dari 60 (ketuntasan 35,80%) pada pra siklus menjadi 76 (72%) di siklus I, dan 83,43 (89%) di siklus II. Peningkatan serupa terlihat pada aspek afektif dan psikomotorik, dengan nilai rata-rata masing-masing mencapai 84,75 (93,90%) dan 84,03 (79%) pada siklus II, menunjukkan efektivitas Bamboozle dalam meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil, menunjukan bahwa penerapan platform baamboozle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Author Biographies

Nila Julitasari Br Simanjuntak, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Feri Haryati, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

References

Ambon, B. R., Biak, S., & Gunung, J. (2020). 3) 1,2,3. 1(7).

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.

Bhakti, S. L. B., Berbah, K., & Diy, S. (2017). Sebagai Strategi Peningkatan Motivasi Dan Keberhasilan Membaca Iqro ’ Pada Siswa Sdlb Tunagrahita Ringan ( C ). 9(C).

Chusna, F. A. (2016). Upaya guru mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Basic Education, 5(35), 3–292.

Dani, N. R., F, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Life Skill dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3431–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1367

Fadilla, A. N., & Slameto, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning berbasis Critical Thinking. Publikasi Pendidikan, 8(3), 201. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6426

Hadijah, S., Aulia, L., & Yuniza Eviyanti, C. (2020). Profil Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Media Pembelajaran Berintegrasi Budaya Aceh. Numeracy, 7(2), 309–323. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1256

Himang, M. G. D., Aprilianti, E., Saputri, M. A., Mahardika, S. A., & Rusmiyanti, E. (2024). 50+ Aktivitas Seru Membangun Karakter. Nilacakra.

Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., Latuheru, R. V., & Hanafi, S. (2023). PENGANTAR PENDIDIKAN. CV Rey Media Grafika.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099.

Marzoan, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Rendah. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 153. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.714

Raharjo, I., Rasiman, R., & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Simanjuntak, N. J. B., Haryati, F., & Pasaribu, D. (2024). PENERAPAN PLATFORM BAAMBOOZLE PADA PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN 066050 MEDAN DENAI . JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(2), 254–261. https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64402

Issue

Section

Articles