PENERAPAN PLATFORM BAAMBOOZLE PADA PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN 066050 MEDAN DENAI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64402Keywords:
Baamboozle, TaRL, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain inovasi menggunakan platform bamboozle dan pendekatan TaRL pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini terdiri dari siswa Kelas III SD 50 Medan Denai berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform Bamboozle pada pembelajaran Matematika kelas III SDN 50 Medan Denai secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada aspek kognitif, nilai rata-rata meningkat dari 60 (ketuntasan 35,80%) pada pra siklus menjadi 76 (72%) di siklus I, dan 83,43 (89%) di siklus II. Peningkatan serupa terlihat pada aspek afektif dan psikomotorik, dengan nilai rata-rata masing-masing mencapai 84,75 (93,90%) dan 84,03 (79%) pada siklus II, menunjukkan efektivitas Bamboozle dalam meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil, menunjukan bahwa penerapan platform baamboozle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.References
Ambon, B. R., Biak, S., & Gunung, J. (2020). 3) 1,2,3. 1(7).
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.
Bhakti, S. L. B., Berbah, K., & Diy, S. (2017). Sebagai Strategi Peningkatan Motivasi Dan Keberhasilan Membaca Iqro ’ Pada Siswa Sdlb Tunagrahita Ringan ( C ). 9(C).
Chusna, F. A. (2016). Upaya guru mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Basic Education, 5(35), 3–292.
Dani, N. R., F, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Life Skill dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3431–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1367
Fadilla, A. N., & Slameto, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning berbasis Critical Thinking. Publikasi Pendidikan, 8(3), 201. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6426
Hadijah, S., Aulia, L., & Yuniza Eviyanti, C. (2020). Profil Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Media Pembelajaran Berintegrasi Budaya Aceh. Numeracy, 7(2), 309–323. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1256
Himang, M. G. D., Aprilianti, E., Saputri, M. A., Mahardika, S. A., & Rusmiyanti, E. (2024). 50+ Aktivitas Seru Membangun Karakter. Nilacakra.
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., Latuheru, R. V., & Hanafi, S. (2023). PENGANTAR PENDIDIKAN. CV Rey Media Grafika.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099.
Marzoan, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Rendah. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 153. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.714
Raharjo, I., Rasiman, R., & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nila Julitasari Br Simanjuntak, Feri Haryati, Duma Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)