PENGEMBANGAN E-BOOK FUN FACT KISAH EDISI NABI ISA A.S PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Ilham Faqih Harizqi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Amalia Yoharti Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Rahmania Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64485

Keywords:

E-Book, Pendidikan, Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji kelayakan, kepraktisan dan efektifitas media E-book Fun Fact Kisah: Edisi Nabi Isa a.s. Metode penelitian yang dipakai adalah Desain and Development (D&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Data tersebut didapat dari perhitungan skor validasi ahli media, ahli materi 1, dan ahli materi 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli materi 1 memiliki skor 99% dalam kategori "Sangat Layak" dan ahli media memiliki skor 100% dalam kategori "Sangat Layak", ahli materi 2 dengan nilai 83% dengan kategori "Sangat Layak", berdasarkan hasil  tersebut diperoleh rata-rata 94% dengan kategori "Sangat Layak", selanjutnya dalam kepraktisan media e-book oleh guru mata pelajaran PAI diperoleh hasil dengan persentase 99% dengan kategori "Sangat Praktis", serta efektifitas media e-book oleh ahli materi 2 memperoleh nilai 99% dengan kategori "Efektif".

Author Biographies

Muhammad Ilham Faqih Harizqi, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Amalia Yoharti, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rahmania Hanifah, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ani Nur Aeni, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(3).

Aeni, A. N., Ariefin, M. R., Rizky, H., & Hidayat, Y. H. (2023). Pengembangan E-Book KITANA (Kisah Keteladanan Nabi) untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 194–208.

Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E–Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214–1222.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ARZUSIN, 4(6), 1240–1258.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.

Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.

Dirgantara, C. S., Rohmawati, R., Nindya, R., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Ebook APOI” Amazing Prophet Of Islam” untuk Mendidik Karakter pada Anak SD Kelas Atas. Jurnal Basicedu, 6(3), 3931–3944.

Francisca, F., Zahra, J. O. V., Anggraeni, S. H., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan E-book BUDIMAS †œBuku Digital Agama Islam†untuk Pembelajaran PAI pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5268–5277.

Hakim, M. A., Chantikania, M., Gajalba, N. L., Agustina, S., & Aeni, A. N. (2023). Penggunaan E-book Antic (Tolerant and Sympathetic) sebagai Media Pembelajaran PAI untuk Membentuk Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(4), 15228–15238.

Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di masa pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798.

Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106.

Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771.

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis penggunaan media pembelajaran dalam muatan pelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 265–271.

Marlina, M. P., Wahab, A., Susidamaiyanti, M. P., Ramadana, M. P. I., Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, M. P., Syafruddin, M. P., Putriawati, W., & Ramdhayani, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilawati, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning TEMATIK Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387.

Syifa, N., & Julia, J. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 271–285.

Thaariq, Z. Z. A., & Karima, U. (2023). Menelisik Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21: Sebuah Renungan dan Inspirasi. Foundasia, 14(2), 20–36.

Tohet, M., & Alfaini, F. Z. (2023). Pembelajaran Hybrid: Integrasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Dengan Konvensional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tajwid. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 509–521.

Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230–239.

Wulandari, A., & Windarto, W. (2023). Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah (Analisis KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 904–917.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Harizqi, M. I. F., Yoharti, A., Hanifah, R., & Aeni, A. N. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK FUN FACT KISAH EDISI NABI ISA A.S PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS II SEKOLAH DASAR. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(2), 393–412. https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64485

Issue

Section

Articles