PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PKN MATERI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS VII-6 SMP NEGERI 7 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah 40 orang. Hasil penelitian yakni : 1) Hasil belajar siswa pada Formatif I dan II 23 orang siswa tuntas, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas sebanyak 36 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 71 dan 82 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 57,5% pada siklus I dan 90% pada siklus II; 2) Data aktivitas siswa pada Siklus I antara lain: menulis/membaca (42,5%), mengerjakan LKS (27%), bertanya sesama teman (7,5%), bertanya kepada guru (10,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (12,5%). Dan Data aktivitas siswa pada Siklus II antara lain: menulis/membaca (29%), mengerjakan LKS (48%), bertanya sesama teman (11%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (6%).
Kata Kunci : Pembelajaran PKn, Think Pair Share
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6498
Article Metrics
Abstract view : 204 timesPDF - 116 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ridwan .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.