PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 PAYUNG

Rehngenana Br Sitepu

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat dampaknya pada hasil belajar siswa pada Bidang Studi Penjaskes. Subjek  penelitian ini  berjumlah 28 orang.Hasil belajar (pretes), dengan rata-rata 44,29. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 64,29 dan 81,42. Pada siklus I antara lain  memperagakan (praktik) (28%), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (24%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (32%). Pada siklus II antara lain  mempragakan (praktik) (39%), bertanya sesama teman (36%), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (11%).

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa


Penelitian ini dilakukan untuk melihat dampaknya pada hasil belajar siswa pada Bidang Studi Penjaskes. Subjek  penelitian ini  berjumlah 28 orang.Hasil belajar (pretes), dengan rata-rata 44,29. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 64,29 dan 81,42. Pada siklus I antara lain  memperagakan (praktik) (28%), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (24%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (32%). Pada siklus II antara lain  mempragakan (praktik) (39%), bertanya sesama teman (36%), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (11%).

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil Belajar

                    Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6500

Article Metrics

Abstract view : 381 times
PDF - 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rehngenana Br Sitepu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.