Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat dampaknya pada hasil belajar siswa pada Bidang Studi Penjaskes. Subjek penelitian ini berjumlah 28 orang.Hasil belajar (pretes), dengan rata-rata 44,29. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 64,29 dan 81,42. Pada siklus I antara lain memperagakan (praktik) (28%), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (24%), dan yang tidak relevan dengan KBM (32%). Pada siklus II antara lain mempragakan (praktik) (39%), bertanya sesama teman (36%), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (11%). Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil Belajar SiswaPenelitian ini dilakukan untuk melihat dampaknya pada hasil belajar siswa pada Bidang Studi Penjaskes. Subjek penelitian ini berjumlah 28 orang.Hasil belajar (pretes), dengan rata-rata 44,29. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 64,29 dan 81,42. Pada siklus I antara lain memperagakan (praktik) (28%), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (24%), dan yang tidak relevan dengan KBM (32%). Pada siklus II antara lain mempragakan (praktik) (39%), bertanya sesama teman (36%), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (11%). Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa