MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX-3 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DI SMP NEGERI 1 PAYUNG T.P. 2015/2016

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rostati Bangun

Abstract

Penelitian ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang kongruen dan kesebangunan dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Hasil pretes, dengan rata-rata 60,4. Tes formatif I mencapai nilai rata-rata 74,4 dengan ketuntasan klasikal 56% dan formatif II mencapai nilai rata-rata 86,4 dengan ketuntasan klasikal 92%. Data afektif kejujuran naik dari 61% menjadi 89%, disiplin naik dari 64% menjadi 88%, tanggung jawab naik dari 63% menjadi 85%, ketelitian naik dari 63% menjadi 86%, kerjasama naik dari 61% menjadi 85%. Data keterampilan mengamati naik dari 50% menjadi 87%, mengumpulkan data naik dari 53% menjadi 85%, keterampilan menganalisis naik dari 45% menjadi 85%, menginterpretasi naik dari 50% menjadi 87%, mengkomunikasikan hasil naik dari 61% menjadi 85%. Kata Kunci :  Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Afektif, Hasil                    Belajar Psikomotor

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Rostati Bangun

Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 2 Delitua
How to Cite
Bangun, R. (2017). MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX-3 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DI SMP NEGERI 1 PAYUNG T.P. 2015/2016. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 5(1), 149–159. https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6501