MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX-3 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DI SMP NEGERI 1 PAYUNG T.P. 2015/2016

Rostati Bangun

Abstract


Penelitian ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang kongruen dan kesebangunan dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Hasil pretes, dengan rata-rata 60,4. Tes formatif I mencapai nilai rata-rata 74,4 dengan ketuntasan klasikal 56% dan formatif II mencapai nilai rata-rata 86,4 dengan ketuntasan klasikal 92%. Data afektif kejujuran naik dari 61% menjadi 89%, disiplin naik dari 64% menjadi 88%, tanggung jawab naik dari 63% menjadi 85%, ketelitian naik dari 63% menjadi 86%, kerjasama naik dari 61% menjadi 85%. Data keterampilan mengamati naik dari 50% menjadi 87%, mengumpulkan data naik dari 53% menjadi 85%, keterampilan menganalisis naik dari 45% menjadi 85%, menginterpretasi naik dari 50% menjadi 87%, mengkomunikasikan hasil naik dari 61% menjadi 85%.

 

Kata Kunci :  Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Afektif, Hasil
                   Belajar Psikomotor


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6501

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rostati Bangun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.