PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS IV SD NEGERI 04 PASAR AMBACANG KOTA PADANG

Sisri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan  dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I aktivitas lisan memperoleh persentase 69,5% dan aktivitas metrik memperoleh persentase 73,5% , siklus II Aktivitas lisan memperoleh persentase 86% dan aktivitas metrik memperoleh persentase 90%.

 

Kata Kunci: Inkuiri, Aktivitas Belajar, Lisan, Metrik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6506

Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 309 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sisri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.