UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN IPA SISWA SMP NEGERI 5 STABAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa secara individu. Subjek penelitian ini adalah berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I antara lain menulis dan membaca 39%, mengerjakan LKS 32%, bertanya sesama teman 5%, bertanya kepada guru 19%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 5%. Pada Siklus II antara lain menulis dan membaca 33%, mengerjakan LKS 37%, bertanya sesama teman 19%, bertanya kepada guru 7%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 4%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 55,5 dengan ketuntasan sebesar 50% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 78 dengan ketuntasan 87,5%, sehingga berhasil memberikan ketuntasan hasil belajar secara klasikal.
Kata Kunci : Model Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Video
Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6508
Article Metrics
Abstract view : 291 timesPDF - 167 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Karni .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.