UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN IPA SISWA SMP NEGERI 5 STABAT

Karni .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa secara individu. Subjek penelitian ini adalah  berjumlah 36  orang. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I antara lain  menulis dan membaca 39%, mengerjakan LKS 32%, bertanya sesama teman 5%, bertanya kepada guru 19%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 5%. Pada Siklus II antara lain  menulis dan membaca 33%, mengerjakan LKS 37%, bertanya sesama teman 19%, bertanya kepada guru 7%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 4%.  Pada Siklus I rata-rata nilai tes 55,5 dengan ketuntasan sebesar 50% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 78 dengan ketuntasan 87,5%, sehingga berhasil memberikan ketuntasan hasil belajar secara klasikal.

 

Kata Kunci : Model Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Video
                  Pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6508

Article Metrics

Abstract view : 291 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Karni .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.