IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII-4 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa. Data psikomotorik siklus I antara lain mengamati 50%, mengumpulkan data 53%, menganalisis 45%, menginterpretasi 50%, dan mengkomunikasikan hasil 61% dengan rata-rata proporsi 52%. Pada siklus II antara lain mengamati 91%, mengumpulkan data 89%, menganalisis 88%, menginterpretasi 91%, dan mengkomunikasikan hasil 86% dengan rata-rata proporsi 89%. Tes pretes menunjukkan rata-rata 48,57. Tes hasil belajar Formatif I dan Formatif II hasilnya masing-masing 76,43 dan 87,85. Pada siklus I ketuntasan kasikal mencapai 60,71% sedangkan pada siklus II mencapai 92%.
Kata Kunci : Think Talk Write, Hasil Belajar Psikomotorik, Hasil Belajar
Kognitif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6511
Article Metrics
Abstract view : 263 timesPDF - 163 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Tuty Iriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.