PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENERAPAN KEGIATAN MENULIS JURNAL DAN PEMANFAATANYA UNTUK PENILAIAN AUTENTIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI
Abstract
Dalam penerapannya kegiatan menulis jurnal tersebut dilakukan dalam tiga tahapan. Kegiatan tahapan itu adalah (1) Pemahaman konsep dan pemodelan kegiatan menulis jurnal, (2) pelaksanaan dan pembiasaan menulis jurna, dan, (3) penlaian autentik dengan memanfaatkan tulisan dalam jurnal siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa, baik dari segi kuantitas maupun kualitas paragraf yang dihasilkan. Kegiatan menulis jurnal juga membuat kegiatan menulis menjadi lebih baik menarik dan bermakna bagi siswa.
Kata Kunci : Menulis Paragraf, Menulis Jurnal, Penilaian Autentik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6531
Article Metrics
Abstract view : 422 timesPDF - 304 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Rita Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.