PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS XI IPS2 SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan keaktifan belajar siswa (2) Meningkatkan prestasi belajar Sejarah siswa kelas. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil observasi dan refleksi pada siklus I, II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan (1) Metode pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa (2) Metode pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah siswa. Pada akhir siklus III, jumlah siswa yang telah tuntas atau berhasil memperoleh nilai 70 sesuai KKM sebanyak 28 siswa atau sebesar 93,33%.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Sejarah, Metode Pembelajaran Kooperatif, NHT.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6533
Article Metrics
Abstract view : 392 timesPDF - 937 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Roselinda Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.