PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS XI IPS2 SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI

Roselinda Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan keaktifan belajar siswa (2) Meningkatkan prestasi belajar Sejarah siswa kelas. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil observasi dan refleksi pada siklus I, II  dan siklus III.      Hasil penelitian menunjukkan (1) Metode pembelajaran kooperatif         Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar     siswa (2) Metode pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah siswa. Pada akhir siklus III,  jumlah siswa yang telah tuntas atau berhasil memperoleh nilai 70 sesuai    KKM sebanyak 28 siswa atau sebesar 93,33%.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Sejarah, Metode Pembelajaran Kooperatif, NHT.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6533

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 937 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Roselinda Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.