PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL M-A-S-T-E-R PADA SISWA KELAS VIII3 SMPN 2 LUBUK BASUNG

Asrina Mulyati

Abstract


Aktivitas belajar siswa di SMPN 2 Lubuk Basung belum memuaskan. Siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran matematika.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan Model M-A-S-T-E-R. Untuk memperoleh data digunakan empat instrumen yaitu lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi aktivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model M-A-S-T-E-R pada materi lingkaran dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika. Aktivitas siswa meningkat dari 55,7% pada siklus I menjadi 78,4% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model M-A-S-T-E-R dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.

                                                                     

Kata kunci: Aktivitas belajar, Model M-A-S-T-E-R.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6536

Article Metrics

Abstract view : 401 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Asrina Mulyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.