PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI MAN 2 MODEL MEDAN

Dewi Agustina, Ratelit Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di MAN 2 Model Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain yang digunakan two group pretestposttest. Populasi penelitian adalah kelas XI MAN 2 Model Medan dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI IPA 1 dan kelas kontrol XI IPA 2 yang masing-masing berjumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dalam bentuk essay test dengan jumlah 8 soal, aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh satu observer, sikap siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan dengan satu observer dan keterampilan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan dengan satu observer. Hasil nilai pretes diperoleh 35,7 dan postes 81,0. Analisis uji hipotesis diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di MAN 2 Model Medan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i4.40597

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.