PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Emmy Magdalena, Mariati Purnama Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA semester II yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara random sampling dengan kelas X IPA 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas X IPA 7 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes esai yang telah valid untuk mengukur hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengukur keterampilan dan sikap siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 39,51 dan kelas kontrol adalah 38,10. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 70,65 dan kelas kontrol 63,20. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil thitung = 2,910 dan ttabel = 1,669 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa.

Kata Kunci: model kooperatif tipe group investigation, hasil belajar, konvensional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i4.40598

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.