PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Jelita Nababan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap pengetahuan konseptual dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Medan dengan teknik pengambilan sampel secara sampling purposive didapatkan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes uraian berjumlah 7 item yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen 42,13 dan kelas kontrol adalah 45,00. Postes kelas eksperimen adalah 75,30 dan kelas kontrol adalah 68,64. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke.

Kata Kunci: model inquiry training, pengetahuan konseptual, aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i4.40600

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.