Meta Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah

Laila Tulisna Tulung, Cindy Renika Manalu, Eveline Novriyanti Purba, Noel Situmeang

Abstract


Mutu pendidikan Indonesia harus sejalan dengan tuntutan dan tantangan keterampilan abad 21 yaitu Critical Thinking, Communicaton, Collaboration, dan Creativity (4C). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran fisika. Dilakukannya meta analisis menggunakan analisis effect size pada 15 artikel penelitian dari tahun 2018 sampai dengan 2022. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui meta analisis effect size  dengan dua pengelompokan, memiliki rata-rata nilai 1,995 yang dapat dikategorikan tinggi. Nilai effect size berdasarkan pengelompokan pendekatan, media, atau instrumen yang digunakan adalah 1,99 dengan kategori tinggi. Berdasarkan pengelompokan kemampuan berpikir kritis didapatkan nilai rata-rata sebesar 2,05 dan pengelompokan kemampuan pemecahan masalah didapatkan nilai 1,95. Rata-rata nilai effect size keduanya dikategorikan tinggi.

 

Kata Kunci: Effect Size, Problem Based Learning, Physics, Meta-Analisis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i01.43839

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.