Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pengetahuan Konseptual Pada Materi Gelombang Bunyi Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019

Devi Kristina Hutahaean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain two group pretest-pottest design. Populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essay test dan lembar penilaian untuk mengukur keterampilan menyelidiki siswa. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post-test. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,94 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,00. Berdasarkan hasil uji diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019.

Kata Kunci : kooperatif tipe group investigation, pengetahuan konseptual, keterampilan menyelidiki

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i01.43840

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.