Pengembangan Instrumen Tes Two-Tier Multiple Choiche Berbasis Hots Pada Materi Rangkaian Arus Bolak-Balik

Dewi Risma Winari, Masturi Masturi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data PISA 2018 yang menyebutkan peringkat Indonesia berada pada 74 dari 79 negara. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kompetensi pengajar pada level rendah menjadi faktor yang menyebabkan Indonesia berapa pada peringkat bawah. Sehubungan dengan itu tenaga pengajar memerlukan inovasi salah satunya dengan pengembangan instrumen tes berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan dan keefektivan instrumen tes untuk materi rangkaian arus bolak balik. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4D. Instrumen tes terdiri atas 25 soal berbasis HOTS dengan jumlah item soal kategori sukar berjumlah 3 soal, kategori sedang berjumlah 14 soal, dan kategori mudah berjumlah 8 soal. Analisis data dengan pemodelan Rasch berbantuan Software Ministep 5.2.4.0. Instrumen tes yang dikembangkan dikategorikan reliabel dengan perolehan nilai alpha cronbach uji skala kecil dan uji skala besar masing-masing 0,88 dan 0,76. Analisis data tersebut, menyatakan instrumen HOTS yang dikembangkan dalam kategori cukup dan dapat diaplikasikan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

 

Kata Kunci: Two-Tier Multiple-Choice test, HOTS, Rasch model.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i01.43856

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.