PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER PADA MATERI DINAMIKA ROTASI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul fisika berbasis kontekstual dan menganalisis kelayakan E-modul ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan Emodul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Teknik Pengumpulan data berupa angket kelayakan dan respon siswa, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika dan guru fisika sebagai validator, serta siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Hasil penelitian berupa tingkat kelayakan diperoleh persentasi rata-rata 87,2 % dengan kategori sangat layak, tingkat kepraktisan E-modul memperoleh kategori sangat layak dengan rata-rata persentasinya 88,4 % pada uji coba kelompok kecil dan 88,3 % pada uji coba kelompok besar. Tingkat keefektifan E-modul diperoleh N-gain yang menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan E-modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual masuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan E-modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual pada materi dinamika rotasi ini dinyatakan layak, praktis dan efektif.
Kata Kunci: E-modul, pembelajaran berbasis kontekstual, dinamika rotasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i1.57197
Article Metrics
Abstract view : 86 timesPDF - 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.