DEVELOPMENT OF STEM EXPERIMENT VIDEO FOR SCIENCE LEARNING: A MOVABLE CHANDELIER
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Teknodika, 17 (2), 70. https://doi.org/10. 20961 /teknodika. v17i2.35281
Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17.https://doi.org/10.46807/aspirasi.v1 0i1.1229
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Boslaugh, S., & Watters, P. A. (2008). Statistics in A Mutshell, A Desktop Quick Reference. Beijing, “Cambridge Famham, Koln, Sebastopol, Taipe. Tokyo O” Reilly.
Buckner, T., & Boyd, B. (2015). STEM Leadership: How do I create a STEM culture in my school?. VA: ASCD.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Edisi 2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media.
Deputra, F. Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Animasi Macromedia Flash Berbasis Ispring Suite Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas VIII di SMPN 1 Kotagajah pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 134. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i2.1070
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–16.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Evaluating Mastery and Dispositions and Abilities. Informal Logic, 6(2), 1-8.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/ 10.21831/jpe.v5i1.8461
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10. 15294/kreano.v10i1.17822
Indriati, D. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 192–197. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2. 2138
Jailani, M. S. (2018). Perkembangan Bahasa Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Innovatio: Journal for religious-Innovation studies, 18(1). https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.36
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.205 27/edumat.v3i1.634
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.31 849/lectura.v12i1.5813
Martin, T. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving The Quality of Education and Training. London: Kogan Page.
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/ 10.24815/jpsi. v5i2.9825
Plomp, Tjeerd dan Nienke Nieveen. (2013). “Educational Design Research : An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland : National Institue for Curriculum Development.
Ritonga, S., & Zulkarnain, Z. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 75–81. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021519
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P. 2016. Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58. https://doi.org/10.23887/jppundik sha.v49i2.9009
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supryadi, P. E., Jampel, I. N., & Riastini, P. N. (2013). Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1492
Widiantono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199. https://doi. org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213
Widyastuti, N., Riswandi., & Helmy Fitriawan. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis advance organizer pada materi ikatan kimia. Cakrawala: Jurnal pendidikan, 15(1), 54-63.https://doi.org/10.24905/cakra wala.v15i1.11
DOI: https://doi.org/10.24114/iser.v5i1.49403
Article Metrics
Abstract view : 169 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.