PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK SWASTA DWIWARNA MEDAN
Abstract
Abstract
The purpose of this research is to develop interactive learning multimedia in the form of an interactive CD, using several software including Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS6, Bandycam, and AMR to MP3 Converter. This development research used the Borg and Gall research model adapted from Sugiyono. The target of this research is the Expert Lecturer at the State University of Medan. The eligibility test of interactive learning multimedia was carried out by media validators, material validators, and acceptance validators. Based on the data analysis conducted, it shows that the resulting learning multimedia is good with a score of 4.4 for material validation, a score of 4.5 for media validation, and a score of 4.2 for validation of acceptances. So the results of the validation show that the learning multimedia developed is eligible for use.
Key Words: Interactive Multimedia, Lectora Inspire Software, Electrical Lighting Installation
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software diantaranya Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS6, Bandycam, dan AMR to MP3 Converter. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg and Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Uji kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dilakukan oleh validator media, validator materi, dan validator penerimaan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan baik dengan skor validasi materi 4,4, validasi media skor 4,5, dan validasi penerimaan skor 4,2. Sehingga hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Software Lectora Inspire, Instalasi Penerangan ListrikFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Asim.(2001). Sistematika Penelitian Pengembangan. Malang: Lembaga Penelitian-Universitas Negeri Malang.
Benny Santho Yosep. (2017). ”Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI”. Skripsi. Medan. Universitas Negeri Medan.
Borg W.R. and Gall M.D. (1983). Educational Research: An Introduction, 4th edition (London: Longman Inc.)
Hanafi.(2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. Volume 4, No.2.http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ saintifikaislamica/article/ download/1204/953/ (diakses pada 10 Januari 2020).
Irfan, Muhammad dan Lusia Rakhmawati.(2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 06 Nomor 01.http://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/ index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/ download/18183/16572 (diakses pada 10 Januari 2020).
Isjoni, Mohd. Arif Ismail dan Rosnani Mahmud.(2008). ICT Untuk Sekolah Unggul. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kurniawan, Angga dan Yudha Anggana Agung. (2016). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Untuk SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 05, Nomor 03.https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/ index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/ view/ 16817/15281. (diakses pada 10 Januari 2020).
Laksani. A. Puri, I G. Ratnaya dan I P. Suka Arsa. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Vol 8, No. 2.https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JJPTE/ article/view/20224/ 12282 (diakses pada 10 Januari 2020).
Maria Veronika Simanjuntak. (2015). “Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Flash CS3 Untuk Pembelajaran Instalasi Penerangan ListrikKelas XI”. Skripsi. Medan. Universitas Negeri Medan.
Mega Astutik dan Puput Wanarti Rusimamto.(2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya.”Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,V5 No.1. https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/13731/4830 (diakses pada 10 Januari 2020).
Nana Sudjana, Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nursamsu dan Teuku Kusnafizal.(2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Peserta didik di SMP Negeri Aceh Tamiang.Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2). jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/9691 (diakses pada 09 Januari 2020).
Purnama, Sigit. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. Literasi, Volume. IV, No. 1.http://almaata.ac.id/ejournal1532/index.php/LITERASI/article/ download/70/69 (diakses pada 10 Januari 2020).
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana.(2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi “Mengembangkan Profesional Guru”.Jakarta: Rajawali Pers.
Shalikhah, Norma Dewi, Ardhin Primadewi dan Muis Sad Iman. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran.Warta LPM.Vol 20, No 1.Journals.ums.ac.id/Index.php/ warta/artikel/download (diakses 09 Januari 2020).
Sriadhi, 2018.Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran. Medan: Universitas Negeri Medan.
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R D) Bandung: Alfabeta,
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Yayan, Yulianto (2012) Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Suatu Proses Dan Hasil Pembelajaran.Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/9432/ (diakses pada 10 Januari 2020).
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i1.25041
Article Metrics
Abstract view : 297 timesPDF - 269 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.