PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKASISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMKS IMELDA MEDAN
Abstract
Abstract
This study aims to find out the results of basic electrical and electronic learning taught using think pair share learning model and expository learning strategy in students of grade X SMKS Imelda Medan. The method of selecting research samples uses random sampling. The process of collecting data using the test method, namely the collection of final test data (posttest) after treatment. The number of samples per class as many as 60 people. The results of the data analysis with an acceptance rate of 5% significance showed that the learning outcomes of students who were taught using the think pair share learning model were higher than the learning outcomes of students taught using the expository learning model, where thitung > ttabel, which is 4,050 > 1,677. From the calculation obtained so that the conclusion that the basic learning results of Electricity and Electronics students are taught using the learning model Think Pair Share higher than students who are taught by using the model of expository learning class X Electrical Installation Techniques Private Vocational School Imelda Medan.
Keywords: Think Pair Share (TPS) Learning Model, Learning outcomes
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X SMKS Imelda Medan. Metode pemilihan sampel penelitian menggunakan random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 60 orang. Hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 4,050 > 1,677. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan.
Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. (2012). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Lubis, Effi Aswita. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing
Maulia Rizki Pangestika. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan Teknik Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan. Skripsi UNESA.
Nababan Goklas. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Hasil Belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Siswa Kelas X SMK N 1 Siborong – Borong Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi UNIMED.
Pane Arif Rahman. (2012). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Statis di Kelas IX SMP N 5. Skripsi UNIMED.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rika Wulandari. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap hasil belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA N 2 Lubuklinggau Tahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi STKIP.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Silitonga, P. (2011). Statistik Teori Dan Aplikasi Dalam Penelitian. Medan : Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. (2016). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito Bandung
Sudjana. (2014). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Zulfah Hasana. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMPN 10 Jember. Skripsi UNEJ
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i1.25048
Article Metrics
Abstract view : 227 timesPDF - 234 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.