PENGEMBANGAN MULTIMEEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TITL SMK SWASTA DWIWARNA MEDAN

Horas Karlos Pasaribu, Sahat Siagian

Abstract


Abstract

This research is generally a research that aims to develop learning multimedia. Multimedia learning is very important in the learning process, good learning multimedia is very effective in the teaching and learning process. Researchers try to develop interactive learning multimedia that can be used in the form of interactive CDs, using several software consisting of Adobe Flash CS6, Adobe Photoshop CS5. Aims to make it easier for students to understand the lesson and also make it easier for educators to deliver lessons. Multimedia learning in this study uses the ADDIE model by using five stages in it which was adapted by Sugiyono. The target of this research is the Expert Lecturer at the State University of Medan. Tests on interactive multimedia by media validators, material validators, and user/acceptance validators showed that the resulting learning multimedia was good with a score of 4.33 for material validation, a score of 4.35 for media validation, and a score of 4.29 for user/acceptance validation. .

 

Keywords: Interactive Multimedia Development, Adobe Flash CS6 Software, Electric Motor Installation.

 

Abstrak

Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Multimedia pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, multimedia pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software yang terdiri dari Adobe Flash CS6, Adobe Photoshop CS5. Bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pendidik dalam menyampaikan pelajaran. Multimedia pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model ADDIE denggan menggunakan lima tahap di dalamnya yang diadaptasi oleh Sugiyono. Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh validator media, validator materi, dan validator user/akseptansi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan  baik dengan skor 4,33 untuk validasi materi, skor 4,35 untuk validasi media, dan skor 4,29 untuk validasi user/akseptansi.

 

Kata kunci: Pengembangan Multimedia Interaktif, Software Adobe Flash CS6, Instalasi Motor Listrik.


Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Abdul Gofur. (2012). Desain Pembelajaran. Yogyakarta.

Branch, RM, & Kopcha, TJ (2014). Model Desain Pembelajaran. Dalam Handbook Penelitian Tentang Komunikasi Pendidikan dan Teknologi.

Hanafi. (2018). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. ISSN: 2407-053X Banten.

Inung Diah Kurniawati, & Sekreningsih Nita (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, Vol.1, No.2. Unipma.

Mustaghfirin Amin, MBA. (2014). Instalasi Motor Listrik Kelas XI. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesional Guru Abad 21. Bandung.

Setyosari, Punaji (2010) Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Rudy Sumiharsono & Hisbiyatul Hasanah (2017) Media Pembelajaran. Cetakan Pertama. CV. Pustaka Abadi.

Sriadhi. (2018). Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran. Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development.”Cet II (Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29250

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.