HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA
Abstract
Abstract
This study aims to determine: (1) the relationship of learning creativity to student learning outcomes in basic subjects of electricity and electronics; (2) the relationship of interest in learning to student learning outcomes in the basic subjects of electricity and electronics; (3) the relationship between learning creativity and interest in learning to student learning outcomes in basic electrical and electrical subjects.The research method used is ex post facto. The population in this study amounted to 210 respondents with a sample of 138 respondents who were taken through the Simple Random Sampling technique. The results of this study indicate that: 1) There is a positive and significant relationship between learning creativity and student learning outcomes as indicated by the value (tcount > ttable) which is 8.736 > 1.9773. The magnitude of the effective relationship between learning creativity is 29.8%. 2) There is a positive and significant relationship between interest in learning and learning outcomes as indicated by the value (tcount > ttable) which is 8.354 > 1.9773. The magnitude of the effective relationship of interest in learning is 26.4%. 3) There is a positive and significant relationship between learning creativity and interest in learning together on learning outcomes of 56.2% while 43.8% is influenced by other variables not examined. This is indicated by the value (Fcount > Ftable) which is 57.100 > 3.06.
Keywords: Learning Creativity, Learning Interest, Learning Outcomes
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika; (2) hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika; (3) hubungan kreativitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika.Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 210 responden dengan sampel sebanyak 138 responden yang diambil melalaui teknik Simple Random Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai (thitung > ttabel) yaitu 8,736 > 1,9773. Besarnya hubungan efektif kreativitas belajar sebesar 29,8%. 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai (thitung > ttabel) yaitu 8,354 > 1,9773. Besarnya hubungan efektif minat belajar sebesar 26,4%. 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 56,2% sedangkan 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini ditunjukkan dengan nilai (Fhitung > Ftabel) yaitu 57,100 > 3,06.
Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi. (2004). Fsikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Akbar, Reni, dkk. (2001). Kreativitas. Jakarta:PT.GRASINDO(Gramedia Widiasarana Indonesia).
Arrizal Rafiq Rusdi Simamora. (2016). Hubungan Kreativitas Belajar dan Minat Berwirausaha di Bidang Audio Video dengan Hasil Belajar Melakukan Instalasi Sound System pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Tanjungbalai, Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Asiah, Nur, Siti. (2006). Pengaruh Kreativitas Belajar dan Respon Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas I Kaliwungu Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi, tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP UMS.
Azwar Saifuddin. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Crow. (1969). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jurnal Formatif. 2(1):170.
Dimyati dan Mudjino. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan. (2016). Psikologi Pengembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Judfi Taslim. (2013). Hubungan antara Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jandrifan HT. Saragi. (2010). Hubungan Motivasi Belajar dan Kreativitas Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Mesin pada Siswa Tingkat I SMK Harapan Tahun Ajaran 2009/2010, Skripsi. Medan: Universitas Negeri Meadan.
Kholis, Nur. (2010). Pengaruh Kreatifitas Guru dalam Mengajar terhadap Minat Belajar Rumpun PAI Siswa Kelas V di MI NU Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Skripsi, PAI. Semarang: Perpustakaan Tarbiyah, UIN Walisongo Semarang.
Leonardo Manalu. (2012). Hubungan Antara Minat Belajar Dasar.Dasar Pengelasan Dan Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pengelasan Siswa Kelas X Program Teknik Mesin Otomotif SMK Swasta Cinta Rakyat Pematang Siantar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Makmun, Khairani. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Musbahrul. (2009). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Gambar Teknik Kelas II Jurusan Teknik Mesin SMK N 5 Padang. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
________. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesido Offset.
Siswono. (2008). Kriteria Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Formatif. 2(1):18-19.
Budi, Sihono Setyo dan Widyana, Rahma. (2012). Korelasi Antara Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Keterampilan Elektronika di MAN 1 Waktes Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012. INSIGHT. 10(1):89-96.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i1.35881
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 368 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.