PENGARUH MODEL BELAJAR PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK
Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of the project based learning (PJBL) learning model on the learning outcomes of electric power installation in class XI TITL at SMK. This study used a quasi-experimental method with a Posttest Only Control Group Design model. The number of research subjects was 62 students, consisting of 32 students of class XI TITL 1 as the experimental class and 32 students of class XI TITL 2 as the control class. The data collection technique used was a multiple choice written test which had been tested for validity, reliability, difficulty level, and differentiation power. The results showed that the learning outcomes of the project based learning model showed that the students' average score in the experimental class was 77.33 while the control class was 71.16. From the results of the calculation of the hypothesis test, it is obtained tcount 3.261 and ttable is 1.670, then tcount> ttable or 3.261> 1.670, so it can be concluded that the alternative hypothesis (Ha) in this study is accepted while rejecting the null hypothesis (Ho) in other words the learning outcomes of class XI students. Electrical Power Installation Techniques on the competence of understanding the installation and measurement of earth systems with a project based learning (PPA) learning model are higher than student learning outcomes using conventional learning models.
.
Key Words: Project based learning model, learning outcomes
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik kelas XI TITL di SMK. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttes Only Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 62 orang peserta didik, yang terdiri dari 32 peserta didik kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji Validitas,reliabilitas,tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model belajar project based learning diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 77,33 sedangkan kelas kontrol 71,16. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 3,261 dan ttabel adalah 1,670, maka thitung > ttabel atau 3,261 > 1,670, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada kompetensi memahami instalasi dan pengukuran sistem pembumian dengan model belajar project based learning (PJBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar konvensional.
Kata Kunci: Model belajar project based learning, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, M. (2016). Sistem Distribusi Tenaga Listrik. Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik.
Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipat
Aslimeri, dkk. (2008). Teknik Transmisi Tenaga Listrik Jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
______, & Dkk. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Digital Berbasis Project Based Learning Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7 (1) :101-109
Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kurniasari, D. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Banguntapan, Skripsi, Fakultas Matematika dan ILmu Pentahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Ngalimun. (2014). Model Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Parmani, A. D., Sumiati., & Meliasari. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Pembelajaran Tugas Dan Paksa. Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2 : 322- 333.
Prasetyo, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Media Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ukur Tanah Kelas X Di SMK N 3 Semarang, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Rohman, I., & Yundra E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Computer Industry Di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05 (1):259-263.
Sarimun, W. (2011). Buku Saku Pelayanan Teknik. Depok: Garamond.
Sitompul, H. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi/Tugas Akhir. Medan
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syam, N. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin, Makassar.
Wahyu, P. (2014). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Pengendali PLC Di SMK N 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3 (3) : 455-461.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i1.35883
Article Metrics
Abstract view : 304 timesPDF - 233 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.