STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWIRE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to determine the results of learning Basic Electrical and Electronics using Livewire learning media in class X SMK students were significantly different. This research was conducted on students of class X of the Electrical Power Installation Engineering (TITL) program at the Imelda Private Vocational School in Medan in the 2018/2019 Academic Year. The population in this study was the entire class X TITL SMK Private Imelda Medan, with a sample class X-TITL-1 as the experimental class as many as 30 students and X-TITL-2 as the control class as many as 29 students. The method of selecting research samples by finding the level of homogeneity of each class. The process of collecting data using the test method, namely collecting data using an initial test (pre-test) and a final test (post-test) after being given treatment (treatment). To test the normality of the data, the Liliefors test was used at the confidence level (α) = 0.05. The instrument validity test was carried out with content validity and for the test instrument learning outcomes were calculated using the Kuder-Richardsoni formula (KR-20). The data analysis technique used to test the hypothesis is a one-way right-hand t-test with two independent samples.The results showed that the average post-test learning outcomes of Basic Electricity and Electronics in the experimental class was 84.96, which was higher than the control class, which was 77.89. The results of the one-way right-hand t-test also show that the value of tcount > ttable = 5,4005 > 1,672. This means that there is a significant difference in learning outcomes between the experimental class students and the control class students. So it can be concluded that the class of students who are taught using Livewire is better than the learning outcomes of the class of students who are taught without using Livewire learning media.
Keywords: Livewire Learning Media, Basic Electrical and Electronics, Learning Outcomes.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan media pembelajaran Livewire pada siswa kelas X SMK berbeda secara signifikan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Swasta Imelda Medan pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TITL SMK Swasta Imelda Medan, dengan sampel kelas X-TITL-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X-TITL-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara mencari tingkat homogenitas tiap kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardsoni (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t satu arah kanan dengan dua sampel independen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika kelas eksperimen yaitu 84,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,89. Hasil uji-t satu arah kanan juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 5,4005> 1,672. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan kelas siswa yang diajar menggunakn Livewire lebih baik dari hasil belajar kelas siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Livewire.
Kata kunci: Media Pembelajaran Livewire, Dasar Listrik dan Elektronika, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Ar Andiyasin, Mochamad. 2018. Pemanfaatan Software Livewire Untuk Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Di Kelas XI SMK Negeri 12 Malang. Jurnal. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2 Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ariani, Niken dan Haryanto Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Arisanti, Aprilia. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Livewire Simulations pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran (Edisi 3). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azizah, Ismiyati. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Konsep Dasar Listrik dan ELektronika (PKDLE) Berbasis Android Untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Di SMK. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Catharina, Tri Anni. 2004. Psikolgi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2005. Penigkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dikti.
Djatmiko, Istanto Wahyu. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Software Livewire Untuk Peningkatan Kompetensi Rangkaian Digital Dasar Di SMK. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Djojonegoro, Wardiman. 1999. Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Balai Pustaka.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Jones, Vernon F. and Jones, Louise S. 1998. Comprehensive Classroom Management: Creating Communities of Support and Solving Problems. Boston: Allyn and Bacon.
Kakiay, Thomas J. 2004. Pengantar Sistem Simulasi. Yogyakarta: Andi.
KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at : http://kbbi.web.id/media [diakses 15 Mei 2018]
Khotimah, Khusniati. 2007. Identifikasi Kesulitan dan Pemecahan dalam Pembelajaran Mata Diklat Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika (PKDLE) Pada Siswa SMK Negeri 5 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mancharkar, A.V. 2013. Comparative Of Various Circuit Simulation Softwares. Journal. India: Dept. of Physics, New Arts, Commerce and Science College.
Munthe, Putri Ernawaty dan Sibuea. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TITL SMK N 2 Doloksanggul. Jurnal. Korea: Konkuk University.
Pratama, Halim. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Elektronika Dasar Dengan Media Livewire Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Wonosari. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Reamaja Rosdakarya
Rumampuk. 1988. Media Instruksional IPS. Jakarta: P2LPTK
Rusyan, Tabrani, dkk. 1994. Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sadiman, Arif S. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana, & Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiharotono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Suharso, Puguh. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan Praktis. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Malta Printindo.
Sukardi. 2003. Metode Peneleitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Yusuf, Syamsu. 2010. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.
Widhiyanto, Arie. 2010. Penggunaan program Livewire sebagai Media Pembelajaran Teori Listrik dan Elektronika Program Keahlian Teknik Pendingin SMK Negeri 2 Kendal. Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yulifar, M. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Livewire Simulations Pada Rangkaian Listrik Arus Searah di SMA Muhammadyah 2 Pontianak. Jurnal. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i1.35896
Article Metrics
Abstract view : 200 timesPDF - 226 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.