ANALISIS MANAJEMEN BENGKEL SMK DI KOTA MEDAN BERBASIS 5S

Alvyn Zuhri, Nelson Sinaga

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to ascertain how Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, and Shitsuke (5S) are applied in the workshop management of SMK's electrical power installation engineering (TITL) competence in Medan. Methods of qualitative descriptive research are being used in this study. The focus of this study is on three TITL practice workshops held at various vocational high schools, specifically the SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, SMK Negeri 2 Medan, and SMK Negeri 5 Medan TITL practice workshops. In this study, observation and written records were utilized as data gathering methods. The steps in the data analysis process are data reduction, data presentation, data inference, and data analysis of qualitative data. According to analysis and research, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, and Shitsuke were successfully implemented in the management of the TITL workshop at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. This is demonstrated by the very good category's average 5S implementation rate, which was 82.4%. The TITL workshop at SMK Negeri 2 Medan has also been managed effectively in the meantime. This is demonstrated by the average 5S implementation rate in the good category, which was 76.4%, and by the excellent administration of the TITL workshop at SMK Negeri 5 Medan. The average 5S implementation rate in the good category, which was 85.4%, makes this clear.

Key Words: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke (5S)

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke (5S) dalam pengelolaan manajemen bengkel keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik (TITL)  SMK di kota Medan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tiga bengkel praktik TITL di Sekolah Menengah Kejuruan yang berbeda yaitu: bengkel praktik TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, bengkel praktik TITL SMK Negeri 2 Medan, dan bengkel praktik TITL SMK Negeri 5 Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumen. Proses analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, menyimpulkan dan analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan pelaksanaan Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke dalam pengelolaan  bengkel TITL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari rata-rata pelaksanaan 5S dalam kategori sangat baik yaitu mencapai 82,4%. Sedangkan dalam pengelolaan bengkel TITL di SMK Negeri 2 Medan juga sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dari rata-rata pelaksanaan 5S dalam kategori baik yaitu mencapai 76,4% dan untuk pengelolaan bengkel TITL di SMK Negeri 5 Medan juga sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari rata-rata pelaksanaan 5S dalam kategori sangat baik yaitu mencapai 85,4%. 

Kata Kunci: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke (5S)

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, R. (2016). Penerapan Prinsip Kerja Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) Pada Bengkel Praktik Program Keahlian Teknik Otomotif. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 12(1).

Asri, Sarwi. "Optimalisasi Budaya Kerja 5S dan Standar Operasional Prosedur Praktikum." JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) 7.1 (2021): 1-7.

Hani Handoko. (2009). Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, S.P. 2009. Manajemen Dasar,Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hegde1,H. G., Mahesh, N. S., &Doss,Kishan. (2009). “Overall Equipment Effectiveness Improvement byTPM and 5S Techniques in a CNC Machine Shop”. Journal of Engineering and Manufacturing Management”.9 (8), 25-32

Hernawan, D. (2018). Analisis Manajemen Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1 Wates.

Ima ismara dan Eko Prianto. (2017). Bagaimanakah Agar Laboratorium dan Bengkel Pendidikan Vokasi Menjadi NYAMAN, SELAMAT dan SEHAT ?. Yogyakarta: UNY Press.

Imai, Masaaki. (1998). Gemba Kaizen: Pendekatan akal sehat, berbiaya rendah pada managemen. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Ismara,ima, dkk.2021.NORMA & STANDAR LABORATORIUM/BENGKEL SMK.Jakarta, DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN VOKASI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2021

Jahja, Kristanto. (2009). Seri Budaya Unggulan 5R (Ringkas, Rapi,Resik, Rawat, Rajin), 3th ed.Jakarta: Productivity and Quality Management Consultans

Joko,Agus.2016.”Panduan 5s di Bengkel Sekolah” https://www.slideshare.net/agusjoko9237/panduan-5-s-di-bengkel-sekolah, diakses pada 25 Novemberi 2021 pukul 16.17.

Kartika, Hayu. (2011). Analisa Pengaruh Sikap Kerja 5S dan Faktor Penghambat Penerapan 5S terhadap Efektivitas Kerja Departemen Produksi di Perusahaan




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i2.40580

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.