PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KONTROL REFRIGERASI DAN TATA UDARA KELAS XI TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Saskia Rehani Br Tarigan, Nelson Sinaga

Abstract


Abstract

This study aims to: (1) Find out how to develop an E-Module Based on the Discovery Learning Model for Refrigeration and Air Conditioning Control for students of SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (2) Knowing the feasibility level of Discovery Learning Based E-Module which was developed for students of SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (3) Knowing student responses to E-Modules Based on Discovery Learning Models in Class XI of Refrigeration and Air Conditioning Control subjects at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. This research will be tested by involving class XI students of Refrigeration and Air Conditioning Engineering at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan in the odd semester of the 2022/2023 academic year. This type of research is Research and Development (R & D) with the ADDIE research model. The ADDIE research model includes 5 stages, namely first analysis which includes product needs analysis, second design, namely compiling outlines, layouts and E-Module material, third development, namely developing products that have been designed to be validated so that they get input from media experts and material experts, the fourth is implementation, namely implementing the product to get a response from users (students) to the E-Module that has been developed, the fifth evaluation, namely evaluating the E-Module based on some input from experts and user responses. The instruments used in this study were validation questionnaires and user response questionnaires. The results of this study are known: (1) This development research produces a product in the form of an E-Module Based on the Discovery Learning Model for Refrigeration and Air Conditioning Control. (2) The feasibility of this E-Module is obtained from the validation results of media experts in the "Very Eligible" category which obtains an average value of 3.4. And the results of the next validation were obtained from material experts in the "Very Eligible" category who obtained an average value of 3.4. (3) The results of user responses to this E-Module are categorized as "Very Good" which obtains an average score of 3.6 for students in small groups, 3.7 for students in large groups. The recommendation in this study is that the use of Discovery Learning Model-Based E-Modules in learning activities should be further developed in other subjects so as to increase student motivation and enthusiasm for learning.

 

Key Words: Learning E-Modules, Discovery Learning, Refrigeration Control and Air Conditioning

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan E-Modul Berbasis Discovery Learing yang dikembangkan untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (3) Mengetahui respon siswa terhadap E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara Kelas XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini akan diuji coba dengan melibatkan siswa kelas XI Teknik Pendingin dan Tata udara SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan produk, kedua design yaitu menyusun garis besar, layout dan materi E-Modul, ketiga development yaitu mengembangkan produk yang sudah didesain untuk dilakukan validasi agar mendapatkan masukan oleh ahli media dan ahli materi, keempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari pengguna (siswa) terhadap E-Modul yang telah dikembangkan, kelima evaluation yaitu mengevaluasi E- Modul berdasarkan beberapa masukkan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi dan angket respon pengguna. Hasil Penelitian ini diketahui : (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa E- Modul Berbasis Model Pembelajran Discovery Learning Kontrol Refrigeradi dan Tata Udara. (2) Kelayakan E-Modul ini didapatkan dari hasil validasi ahli media dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4. Dan hasil validasi berikutnya didapatkan dari ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata- rata sebesar 3,4. (3) Hasil respon pengguna terhadap E- Modul ini dikategorikan “Sangat Baik” yang memperoleh nilai rata- rata sebesar 3,6 pada siswa dalam kelompok kecil, 3,7 pada siswa dalam kelompok besar. Rekomendasi pada penelitian ini adalah penggunaan E- Modul Berbasis Model Pembelajran Discovery Learning dalam kegiatan pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi pada mata pelajaran lainnya sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.

.

Kata Kunci: E-Modul Pembelajaran, Discovery Learning, Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara


Full Text:

PDF

References


Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Andri Wicaksono, dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudawacha

Dahar, Dan Ratna Wilis. (2013). Teori- teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Edi Wibowo, (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flifbook Maker. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Firosalia Kristin. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Vol. 2, No. 6 Hasan Samsuri, Dkk. (2008). Sistem Refigerasi dan Tata Udara Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. Kurnia Lasmiyati, dan Idris Harta. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pembahaman Konsep Dan Minat Smp. Pythagoras:JurnalPendidikan Matematika 9, No. 2 (2014): 161-174

Lestari, I., (2013), Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan, Padang, Akademia Permata

Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, M.E . (2017). The Effect of Discovery Learning Model on Student’s CriticalThinking and Cognitive Ability in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education,Vol. 7(6): 01-08.

M. Ngalim Purwanto. (2002). Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, A. (2020). Penelitian Pengembangan (Research And Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-Langkah R & D.

Putra, K. W. B., Wirawan ,I. M. A & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan Emodul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No.1

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sriadhi. (2018). Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran. Medan: Universitas Negeri Medan

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyatman. (2013). Pengembangan Bahan Ajar. Surakarta: FATABA Press

IAIN Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Tian Belawati . (2003). Pengembangan bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan UT Windy H, Apip B, Tandi S. (2008). Panduan Pratikum Instalasi Sistem Refrigerasi. Bandung: Politeknik Negeri Bandung

Zain, dkk. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v3i1.49458

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.