PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Metta Ariyanto, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 01 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes.Instrumen penelitian ini menggunakan soal cerita, wawancara, dan observasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hal tersebut dapat dibuktikandari meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dari kondisi awal
(pra siklus) yaitu 58,64%, meningkat menjadi 67,37% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 79,07% pada siklus kedua.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10392

Article Metrics

Abstract view : 6000 times
PDF - 6742 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id