PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD
Abstract
Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl)
Berbantuan Media Mind Map untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil
Belajar Siswa Kelas 4 SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media mind map. Jenis penelitian ini PTK.Subjek penelitian siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai tes,data hasil observasi, rubrik keaktifan. Teknik analisi data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keaktifan belajar pada prasiklus (64,70%) 22 siswa
tidak aktif meningkat pada siklus I menjadi (76,47%) 26 cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi (82,35%) 24 siswa yang aktif. Sedangkan untuk hasil belajar prasiklus menunjukkan ketuntasan sebesar (44%) 14 siswa kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi (59%) 20 siswa dan (85%) 29 siswa pada siklus II. Dengan demikian penerapan project based learningberbantuan media mind map dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Dukuh 01.
Berbantuan Media Mind Map untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil
Belajar Siswa Kelas 4 SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media mind map. Jenis penelitian ini PTK.Subjek penelitian siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai tes,data hasil observasi, rubrik keaktifan. Teknik analisi data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keaktifan belajar pada prasiklus (64,70%) 22 siswa
tidak aktif meningkat pada siklus I menjadi (76,47%) 26 cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi (82,35%) 24 siswa yang aktif. Sedangkan untuk hasil belajar prasiklus menunjukkan ketuntasan sebesar (44%) 14 siswa kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi (59%) 20 siswa dan (85%) 29 siswa pada siklus II. Dengan demikian penerapan project based learningberbantuan media mind map dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Dukuh 01.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10393
Article Metrics
Abstract view : 1805 timesPDF - 1622 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id