MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN 106 AEK GALOGA TAHUN AJARAN 2017/2018

Ahmat Subuhi

Abstract


Abstrak : Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dengan Menggunakan Metode
Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN 106 Aek Galoga
Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
apakah dengan menggunakan metode tanya jawab dalam pembelajaran PKn dapat
meningkatkan keterampilan bertanya siswa di kelas V SDN 106 Aek Galoga pada
pokok bahasan melaksanakan hasil rapat Hasil penelitian sebelum siklus (prasiklus)
menunjukkan siswa masih kurang terampil dalam bertanya yaitu terdapat 16 orang
(88,9%) yang kurang terampil dan 2 orang (11,1%) yang cukup terampil. Setelah
dilakukan siklus I menggunakan metode tanya jawab terjadi peningkatan keterampilan
bertanya siswa yaitu hingga akhir siklus I terdapat 3 orang (22,2%) yang terampil, 7
orang (33,3%) yang cukup terampil, dan 8 orang (44,5%) yang masih kurang terampil.
Selanjutnya setelah dilakukan siklus II, tampak adanya peningkatan yang lebih baik
yaitu hingga akhir siklus II terdapat 3 orang (16,7%) yang sangat terampil bertanya, 12
orang (66,6%) yang terampil, 3 orang (16,7%) yang sudah cukup terampil bertanya dan
tidak seorangpun yang tergolong kurang terampil bertanya.
Kata Kunci : Keterampilan bertanya, Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10463

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 346 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International