PELATIHAN BAHASA INGGRIS PENERBANGAN (AVIATION ENGLISH) DI YAYASAN PENDIDIKAN SAHABAT KOTA

Tiara Sylvia, Yayang M. Naibaho, Jien Yes Panjaitan, Inda Tri Pasa

Abstract


Abstrak

 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh bidang kompetensi dan pekerjaan salah satunya di dunia penerbangan. Banyak informasi dan aturan penerbangan menggunakan bahasa inggris namun seringkali istilah-istilah yang digunakan ataupun informasi yang diberikan dalam layanan penerbangan tersebut belum dapat dipahami sepenuhnya oleh masyarakat. Oleh karena itu, perlu diberikan pelatihan Bahasa Inggris yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Bahasa Inggris penerbangan (Aviation English). Pelatihan ini dilakukan di salah satu yayasan pengembangan anak untuk anak-anak kurang mampu bernama Yayasan Pendidikan Sahabat Kota secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pelatihan yang diberikan meliputi pemberian materi Aviation English yang dilakukan secara atraktif dan interaktif dan evaluasi pelatihan melalui pemberian pretest dan posttest dan kuesioner sebagai tolak ukur keberhasilan penyampaian materi pelatihan. Dari kegiatan evaluasi pelatihan dapat disimpulkan bahwa materi dapat diterima dengan baik oleh peserta sebagaimana terlihat dari adanya peningkatan pemahaman peserta pada hasil nilai pretest dan posttest sebesar 15,35% dan kuesioner penyelenggaraan pelatihan sebesar 4,59 dalam kategori sangat baik.

 

Kata kunci: bahasa Inggris, pelatihan, penerbangan, metode

 

 

Abstract

 

English is an international language that is mostly used in all fields of competence and work, one of it is aviation world. A lot of information and flight rules are provided in English, however, the terms used or the information provided in flight services cannot be fully understood by the public. Therefore, it is necessary to conduct English language training which aims to provide knowledge and understanding of aviation English. This training was carried out offline at Yayasan Pendidikan Sahabat Kota, one of children development foundations for underprivileged students, by implementing strict health protocols. The training provided was including the provision of Aviation English materials carried out in an attractive and interactive ways as well as evaluation of training through the provision of pretest and posttest as a measure of the success of delivering training materials. Based on the training evaluation activities, it can be concluded that the subject materials were well received by the participants as seen in the enhancement of participants' comprehension by the results of pretest and posttest scores of 15.35% and the questionnaire of training implementation of 4.49 in the category of ‘very good’.

 

Keyword: English, training, aviation, method


Full Text:

PDF

References


Afisa, P., & Yolanda, S. (2015). The Students’ Difficulties in Speaking at The Tenth Grade of SMA Negeri 1 Sine in 2014/2015 Academic Year (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University of Surakarta).

Dewi, Karina Sofia Kusuma.(2020) Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris dalam Era Globalisasi Masa Kini. Diakses pada 20 November 2021.

https://www.kompasiana.com/karinasofia13/5e4d18f0d541df2b1627e552/pentingnya-menguasai-bahasa-inggris-dalam-era-globalisasi-masa-kini.

Kamarudin, Sugianto, Tawali, Fathurrahman Imran. (2021). Training Bahasa Inggris Dasar Peramu Wisata Untuk Forum Muda Berkarya (FMB) Desa Wisata Hijau Bilebante Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian UNDIKMA. Vol. 2, No. 1 (Mei 2021). E-ISSN: 2722-5097. pp: 91-97.

Kurniawan, Nova Adi and Sain. (2018). “How Difficult English Is!” (An Attitude in Learning English for Non-English Students). Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan & Konseling. Vol. 02 No. 01 ISSN 2614 – 0314. pp.65-86.

Maduwu, Byslina. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Jurnal Warta Edisi: 50. Oktober 2016. ISSN: 1829-7463.

Pinem, Yune Andryani. 2016. Tingkat Keterbacaan Pengumuman Berbahasa Inggris Dalam Penerbangan Garuda Indonesia. Jurnal Manajemen Dirgantara Vol.9 Desember 2016. ISSN: 2252-7451. pp.105-113.

Rafada, Suzan Hammad and Madini, Abeer Ahmed. (2017). Major Causes of Saudi Learners' Speaking Anxiety in EFL Classroom International. Journal of English Language Education. ISSN 2325-0887 2017, Vol. 5, No. 1.

Shaikh, Fatima Sultan. (2015). Effective Methods of Teaching English as a Second Language in the Classroom. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 4 Issue 2. ISSN (Online): 2319-7064.

Susini, Made dan Ndruru, Evirius. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal. Vol. 1, No. 2. E-ISSN: 2746-7023. pp. 37-48.

Tamrin, Andi Febriana dan Yanti. (2019). Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat Pegunungan Di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15 (2), 2019: 61-72. E-ISSN 2580-9628.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29877

Article Metrics

Abstract view : 431 times
PDF - 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id