TAKSONOMI BLOOM DAN FUNGSI KOGNITIF CARL JUNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Juli Loisiana Butar-Butar, Meida Asih Br. Simbolon

Abstract


Taksonomi Bloom dalam tujuan Pendidikan dibagi dalam tiga ranah (domain) utama yakni ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Ketiga ranah ini masing-masing  dibagi lagi ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hierarkinya. Fungsi kognitif merupakan proses mental dalam memilih, menyimpan, mengolah, dan mengembangkan informasi yang diterima dari rangsangan eksternal. Carl Jung mengklasifikasikan fungsi kognitif dalam 4 kelompok, yaitu sensing, intuitive, feeling, dan thinking. Salah satu hasil dari proses kognitif otak proses mengelolah informasi ini diharapkan seseorang dapat menerima informasi (perceiving) dan membantu untuk memutuskan (judging). Ada persamaan dan perbedaan antara Taksonomi Bloom dan Fungsi Kognitif Carl Jung. Namun tujuan dari penelitian ini adalah merancang implementasi yang dapat menerapkan Taksonomi Bloom dan Fungsi Kognitif Carl Jung dalam pembelajaran Matematika.

Keywords


pembelajaran_matematika; taksonomi_bloom; kognitif_jung

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. S. (2022). Analisis Kematangan Karir Siswa Kelas XII MA Negeri 2 Kutai Kartanegara dengan Asesmen MBTI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4487–4491.

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Banich, M. T., & Compton, R. J. (2018). Cognitive neuroscience (4th ed.). Cambridge University Press.

Butar-Butar, J. L., & Simamora, I. (2022). Memperkenalkan Metode Investigasi Pemecahan Masalah Untuk Anak Sekolah Dasar Melalui Serial Anime Jepang Detective Conan. JURNAL CURERE, 6(1), 66–76.

Butar-Butar, J. L., Sinuhaji, F., Ginting, A. S., Barus, L. F. B., & Limbong, R. J. (2022). Penerapan Metode Investigasi Kelompok dalam Pembelajaran Sains di SD Swasta Letjen Jamin Ginting’s Berastagi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 146–151.

Butar-butar, J. L., Sinuhaji, F., & Sembiring, J. A. B. (2019). Pendidikan Karakter Anak Dengan Metode Whole Brain Teaching Dalam Pembelajaran di Bimbingan Belajar Pencil Generation di Lingkungan V Simalingkar B Medan Tuntungan. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 178–185.

Effendi, R. (2017). Konsep revisi taksonomi Bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483

Epstein, S. (2010). Demystifying intuition: What it is, what it does, and how it does it. Psychological Inquiry, 21(4), 295–312. https://doi.org/10.1080/1047840X.2010.523875

Hartini, P., Setiadi, H., & Ernawati, E. (2021). Cognitive domain analysis (LOTS and HOTS) assessment instruments made by primary school teachers. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 25(1), 16–24. https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.34411

Hoque, M. E. (2016). Three domains of learning: Cognitive, affective and psychomotor. The Journal of EFL Education and Research, 2(2), 45–52.

Isaksen, S. G., Lauer, K. J., & Wilson, G. V. (2003). An examination of the relationship between personality type and cognitive style. Creativity Research Journal, 15(4), 343–354. https://doi.org/10.1207/S15326934CRJ1504_4

Istiqlal, M. (2019). Dukungan Kemampuan Intuitif Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 4(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.3982

Lestari, M., Riyadi, R., & Usodo, B. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sragen. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(7).

Magdalena, I., Elfrisca, D., Farida, & Hukmah, F. (2021). Pelaksanaan Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 SDI Nurul Hasanah. Socio Humanus, 3(1), 145–153.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822

Montgomery, D., Strunk, K., & Steele, M. (2017). Jungian typology as a holistic teaching strategy in higher education. 25(4), 10. https://doi.org/10.31235/osf.io/p39yc

Piirto, J. (2004). Understanding creativity. Great Potential PressInc.

Pogonowski, J. (1970). Intuitive explanations of mathematical ideas. Annales Universitatis Paedagogicae Cracoviensis | Studia Ad Didacticam Mathematicae Pertinentia, 10, 123–137. https://doi.org/10.24917/20809751.10.8

Puji, R. P. N., & Ahmad, A. R. (2016). Learning style of MBTI personality types in history learning at higher education. Economics, 3(6), 289–295. https://doi.org/10.27512/sjppi-ukm/ses/a13122016

Roediger III, H. L. (2013). Applying cognitive psychology to education: Translational educational science. Psychological Science in the Public Interest, 14(1), 1–3. https://doi.org/10.1177/1529100612454415

Saleh, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101. https://doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.198

Savic, M., & Kashef, M. (2013). Learning outcomes in affective domain within contemporary architectural curricula. International Journal of Technology and Design Education, 23(4), 987–1004. https://doi.org/10.1007/s10798-013-9238-8

Setiawati, F. A., Triyanto, A., & Gunawan, N. E. (2015). Implementasi MBTI untuk pengembangan karir mahasiswa: studi perbedaan tipe kepribadian pada mahasiswa bimbingan konseling. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2).

Shi, R., Shan, S., & Tian, J. (2007). Psychological Type and Undergraduate Student Achievement in Pharmacy Course in Military Medical University. Online Submission, 4(9), 20–24.

Simamora, I. (n.d.). Tingkat Kesiapan Mahasiswa PGSD Menjadi Seorang Guru Matematika Inovatif Berdasarkan Fungsi Kognitif Carl Jung. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(2), 128–135. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.30364

Sofyan, F. A., & Fihtanti, A. I. (2019). Implementasi Hots Pada Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kelas 6. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(1), 18–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i1.16241

Sönmez, V. (2017). Association of Cognitive, Affective, Psychomotor and Intuitive Domains in Education, Sönmez Model. Universal Journal of Educational Research, 5(3), 347–356. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050307

Sriyana, S., & Winarso, W. (2018). Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 77. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2548

Susanto, E., & Mudaim, M. (2017). Pengembangan Inventori MBTI Sebagai Alternatif Instrumen Pengukuran Tipe Kepribadian. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.30653/001.201711.5

Sywelem, M., Al-Harbi, Q., Fathema, N., & Witte, J. E. (2012). Learning Style Preferences of Student Teachers: A Cross-Cultural Perspective. Online Submission, 1, 10–24.

Winarso, W. (2016). Assessing the readiness of student learning activity and learning outcome. Jurnal Pencerahan, 10(2), 74–88.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.37867

Article Metrics

Abstract view : 440 times
PDF - 577 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id