UPAYA STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Negara Indonesia memiliki keindahan yang menjadi ciri khas tersendiri yaitu keberagamannya baik keberagaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa dalam mempelajari keberagaman budaya yang ada di Indonesia sebagai rasa syukur menjadi warga negara Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik kajian literatur. Penulis menggunakan metode ini untuk mendapatkan data secara mendalam dan menyeluruh dengan pertimbangan data secara khusus. Apabila data sudah terkumpul maka dilakukan analisis untuk mengungkap fakta-fakta kejadian dalam pernyataan yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini merupakan perubahan sistem atau proses pembelajaran menjadi lebih inovatif guna meningkatkan minat siswa dalam mempelajari materi keberagaman budaya sehingga menanamkan rasa syukur siswa atas keberagaman yang ada di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifia, H. N., Salma, D., Arifin, M. H., & ... (2021). Internalisasi Keberagaman Budaya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala …, 6(2), 100–111. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/15610
Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas Tinggi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90
Cholik, C. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKANPENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 1–14. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/130/207
Edi, S., & Hariani, D. (2017). ANALISIS KINERJA BIDANG KEBUDAYAAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SEMARANG (Penanganan Lunturnya Nilai-Nilai Budaya Masyarakat di Kota Semarang). Journal Of Public Policy And Management Review, 6(2), 1–18. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/15463/14955
Ghufron, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.12449
Gunawan, I., Yusuf, A., Nik Din, N. M. M., Abd Wahid, N., Abd Rahman, N., Osman, K., Nik Din, N. M. M., Pendidikan, I., Koerniantono2, M. E. K., Jannah, F., Stmik, S., Tangerang, R., No, J. S., Handayani, T. W., Madyo, I., Karso, M., Ngarso, I., Tuladho, S., Pendidikan, T. P., … Supendi, P. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1380/1342%0Ahttp://mpsi.umm.ac.id/files/file/55-58 Berliana Henu Cahyani.pdf
Halisa, H. N. (n.d.). Pentingnya Keberagaman Budaya Sebagai Modal Utama Untuk Memajukan Bangsa Indonesia. 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/x83tu
Handoko, O. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 231–236. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15385
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/bukusaku.pdf
Khalimatu, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Keragaman Budaya Indonesia Di Sekolah Dasar. 5(1), 7704–7710. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2222/1943
Marliani, Siagian, M. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4685
Muhammad Feriady. (2012). Pengaruh Persepsi Siwa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar Ips Kelas Viii Smp N 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 2–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/544/591
Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Di Sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 1. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Putri, D. L., Safitri, A., Khairunnisa, D., & Simatupang, Z. (2014). EDUCATIVE GAMES BERBASIS ICT: “MYDAS : UNDERSEA ADVENTURE”SEBAGAI MEDIA UNTUK MENANAMKAN NILAI BUDAYA MARITIMMELALUI TEKNOLOGI PROJECT SAVINGSEA TURTLES (Chelonia mydas). Digital Repository, 460–470. http://digilib.unimed.ac.id/4817/1/Fulltext.pdf
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Eko-Risdianto/publication/332415017_ANALISIS_PENDIDIKAN_INDONESIA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40/links/5cb4509b4585156cd7993519/ANALISIS-PENDIDIKAN-INDONESIA-DI-ERA-REVOLUSI-INDUSTRI-40.pdf
Rohmatilahi, L., Kholisah, N., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270–4276. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3528/3002
Sandy, D. P. A., Mustaji, & Yermiandhoko, Y. (2021). Pengembangan Video Animasi Jawadwipa Materi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar [Javadwipa Animation Video Development Materials and Learning Outcomes of Grade IV Elementary School Students]. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 110–118. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/21189/10872
Sari, D. A. P. P., & Kurnia, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Budaya Indonesia Melalui Tiktok pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8285–8295. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3686
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 184–187. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33/33
Shiona, A. E. Y., Lintang, D. J., Hartono, F. M., Faris, I. S. I., Renaningtyas, L. R., Munikha, N., & Fibrianto, A. S. (2021). Pengaruh minuman keras terhadap nilai-nilai kebudayaan Jawa sebagai fenomena patologi sosial di Kota Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 750–756. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p750-756
Somantri, M. N. (2001). Mengagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD (I. Fahmi, K. P. Utama, & Rully (eds.); 1st ed.). Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HBZNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA302&dq=Susanto,+A.+(2014).+Pengembangan+Pembelajaran+IPS.+Jakarta:+Kencana.&ots=qszfiYRcuI&sig=Py_yNbwZc7G9UYuEz30358iphrI&redir_esc=y#v=onepage&q=Susanto%2C A. (2014). Pengembangan Pe
Trisyanti, U., & Prasetyo, B. (2018). Revolusi Industri dan Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0,” 22–27. http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4417
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.39675
Article Metrics
Abstract view : 279 timesPDF - 407 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id