PENGEMBANGAN PERMAINAN E-MATHEMATICS SNAKES AND LADDERS PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Darling Krisman Zega, Elvi Mailani, Arifin Siregar, Septian Prawijaya, Winara Winara

Abstract


Pengembangan Permainan E-Mathematics Snakes and Ladders Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : kelayakan, kepraktisan serta keefektifan permainan E-Mathematics Snakes and Ladders pada materi bangun datar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Nilai persentase dari aspek materi yang diberikan oleh validator adalah 85% dengan kriteria kelayakan “SANGAT LAYAK”. Nilai persentase dari aspek soal yang diberikan oleh validator adalah 90% dengan kriteria kelayakan “SANGAT LAYAK”. Nilai persentase dari aspek media yang diberikan oleh validator adalah 80% dengan kriteria kelayakan “LAYAK”. Nilai persentase dari aspek kepraktisan yang diberikan oleh validator adalah 82% dengan kriteria kelayakan “SANGAT PRAKTIS”. Dari hasil perbandingan rata-rata pre-test dan post-test, ditemukan bahwa terdapat nilai 60,74% dengan kriteria kepraktisan “CUKUP EFEKTIF”.

Keywords


Media; E-Mathematics Snakes and Ladders; Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Gaol, C. A. L., & Simanjuntak, S. (2023). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 08 Bilah Hilir Labuhan Batu TA 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 2441-2448. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3267

Mailani, E. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui permainan monopoli pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2832

Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69-77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susilawati, E., Ardiansyah, N., Arifin, S., Lesmi, K., Ariati, C., Fajar, A., Setiawati, E., Fakhrunnisaa, N., Umam, H., Murtanti Putri, D., KAnia, A., Irwanto, Triona, W., & Wahyudi. (2023). Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: CV. Widina Media Utama.

Winaryati, E. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial).




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57470

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Darling Krisman Zega, Elvi Mailani, Arifin Siregar, Septian Prawijaya, Winara Winara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id