PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA JARING-JARING BANGUN RUANG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 173430 SAITNIHUTA

Rich Lazuwan Venansius Simamora, Elvi Mailani, Naeklan Simbolon, Eva Betty Simanjuntak, Fahrur Rozi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh media diorama jaring-jaring bangun ruang terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SDN 173430 Saitnihuta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif-eksperimen, dengan desain Pre Ekxperimental tipe One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian terdiri dari 44 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa di kelas V SDN 173430 Saitnihuta. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran angket dan observasi tidak terstruktur, seterusnya data akan dianalisismenggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media pembelajaran diorama jaring-jaring bangun ruang berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SDN 173430 Saitnihuta. Dapat dilihat dari perbandingan rata-rata pada saat melakukan pretest dengan rata-rata posstest. Selain itu juga berdasarkan hasil Uji t yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 23 for windows nilai signifikan yang didapat lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran diorama jaring-jaring bangun ruang terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SDN 173430 Saitnihuta.


Keywords


Media Pembelajaran Diorama Jaring-jaring Bangun Ruang; Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran (T. P. Wahyudi (ed.); I). PT.Global Eksekutif Teknologi.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran (T. Media (ed.); 1 ed.). Tahta Media Group.

Mailani, E., & Almi, F. P. (2020). Pengembangan Media Kayu Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Saintifik. Elementary School Journal, 10(1), 19-29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012//index.php/elementary/article/view/19283

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN. In M. R. Pradana (Ed.), Badan Penerbit UNM (I). Badan Penerbit UNM.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D (19 ed.). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.58409

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rich Lazuwan Venansius Simamora, Elvi Mailani, Naeklan Simbolon, Eva Betty Simanjuntak, Fahrur Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International