PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PENGGUNAAN EJAAN KELAS IV DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG

Yosephine Edwina, Erlinda Simanungkalit, Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Dody Feliks Pandimun Ambarita, Masta Marselina Sembiring

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifan LKPD berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva Pada Materi Penggunaan Ejaan Kelas IV Di SD Negeri 101767 Tembung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 26 siswa. Dan yang menjadi objek dalam penelitian adalah pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva. Untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifan, maka dilakukan penilaian terhadap produk LKPD yang dikembangkan. Untuk keefektifan dinilai dari hasil tes yang dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva pada materi penggunaan ejaan di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Dari validasi ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 93,9% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli design diperoleh hasil persentase sebesar 83% dengan kategori “sangat layak” dan pada uji keefektifan dengan memberikan soal tes kepada siswa diperoleh rata-rata sebesar 81,53%. Dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva pada materi Penggunaan Ejaan kelas IV di SD Negeri 101767 Tembung sangat layak, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


LKPD; Problem Based Learning; Penggunaan Ejaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Ningrum, D., K. (2022). Pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva Pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Di Kelas IV-C SDN 101765 Bandar Setia. (Undergraduate Thesis). Universitas Negeri Medan.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/8151

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.58434

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yosephine Edwina, Erlinda Simanungkalit, Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Dody Feliks Pandimun Ambarita, Masta Marselina Sembiring

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id