HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS IV SDN 84 SINGKAWANG

Yuni Ariyanti, Dina Anika Marhayani, Gunta Wirawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan minat membaca pada siswa kelas IV SDN 84 singkawang 2) Mendeskripsikan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas IV SDN 84 Singkawang 3) Mengetahui hubungan antara minat membaca dengan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas IV SDN 84 singkawang. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Penelitian ini di lakukan di SDN 84 Singkawang. Sampel pada penelitian ini ialah kelas 4A yang berjumlah 25 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Teknik tes dalam penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan menulis Pantun sedangkan non tes menggunakan angket minat membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya (1) Minat membaca siswa tergolong sangat tinggi dengan rata-rata keseluruhan 29,16%; (2) Kemampuan menulis pantun siswa tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 50%  (3) Adanya hubungan yang signifikan antara minat membaca denga kemampuan menulis pantun siswa kelas IV di SDN 84 Singkawang dengan thitung = 1,099 > ttabel = 2,045 dengan signifikan sebesar 5% yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

Keywords


Minat Membaca; Kemampuan Menulis Pantun

Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal idaarah, 3(2), 205-215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Febriana, A. A. (2017). Implementasi Teori Preskriptif Dan Deskriptif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1213

Gofur, Abd. (2009). Modul Diklat Guru Bahasa Indonesia. Medan: Balai Diklat Keagamaan Medan.

Maharani, L., & Mustika, M. (2017). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang Bk Pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57-72. http://dx.doi.org/10.24042/kons.v3i1.555

Novrizta, D. (2018). Hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 104-124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.168

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Rosihan, A. (2007). Ulum Al-Qur’an. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985-2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.58860

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuni Ariyanti, Dina Anika Marhayani, Gunta Wirawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Universitas Negeri Medan

Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id

 
slot gacor slot