PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran pop-up book. Hasil penelitian ini adalah diperoleh validasi kelayakan oleh ahli materi 90%“Sangat Layak”, validasi oleh ahli media 91,6% “Sangat Layak”, hasil uji praktikalitas oleh praktisi Pendidikan yaitu respon guru 94% “Sangat Praktis” dan respon siswa 90% “Sangat Praktis”. Hasil belajar siswa dengan rata-rata pre-test sebesar 58“Tidak Efektif”, post-test sebesar 88 “Sangat Efektif”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Amalia, E., & Ibrahim, I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Fiqih dengan Mengunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Penggage-Muba. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 98-107. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1380
Bimantara, A., & Djumali, M. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Sebagai Upaya Meningkatan Aktivitas Proses Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPMuhammadiyah 1 Simpon Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/86427/
Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2). https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3727
Simanjuntak, E. B., & Naibaho, P. J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Dinding Virtual Menggunakan Aplikasi Padlet pada Tema 8 Kelas V SD Negeri 3 Pasar Panguruan TA 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 942-952. https://doi.org/10.5281/zenodo.10447892
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunarti, S., Anggraini, D., Sarie, D. P., & Jana, P. (2023). The effectiveness of pop-up book media in learning reading skills of grade 2 elementary school. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(2), 493-506. http://dx.doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59240
Article Metrics
Abstract view : 34 timesPDF - 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indah Amaliyah Siregar, Erlinda Simanungkalit, Eva Betty Simanjuntak, Albert Pauli Sirait, Faisal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id