ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V-B SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH T. A 2023/2024

Miranda Agita Jabat, Putra Afriadi, Sorta Simanjuntak, Albert Pauli Sirait, Try Wahyu Purnomo

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui: kreativitas siswa, peran dan kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran seni rupa. Analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas siswa aspek kognitif dan afektif masih kurang. Kriteria kreativitas siswa pada nilai 68-100 (kreatif) berjumlah 8 orang, nilai 33-67 (cukup kreatif) berjumlah 3 orang, dan nilai <33 (kurang kreatif) berjumlah 12 orang. Dalam meningkatkan kreativitas siswa guru berperan sebagai pengajar, pembimbing, konselor, evaluator, model/teladan, dan pendorong kreativitas. Guru mengalami kendala kurangnya sarana prasarana, kurangnya minat belajar siswa, dan kesulitan ekonomi orang tua.


Keywords


Kreativitas; Peran Guru; Seni

Full Text:

PDF

References


Afriadi, P., Purnomo, T. W., & Aulia, S. M. (2022). Pengembangan Kreativitas Seni dan Budaya di SD. Medan: Pena Persada

Afriadi, P., & Aulia, S. M. (2019). Seni Rupa Anak yang Meng-Humanis. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Inayah, F. (2023). Analisis Prinsip Seni Rupa pada Karya Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2287-2301. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8045

Ismail, I. (2019). Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 11(2), 15–30. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/al-qalam

Lubis, N. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Karya Seni Rupa Menggambar Imajinatif. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 3(2), 15–25. https://dx.doi.org/10.33487/mgr.v3i2.4114

Maulana, I., & Mayar, F. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1141–1149. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.333

Ni'mah, A. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173-179. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48157

Nurdin dan Adriantoni. (2019). Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers

Ramadhani, F. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Pembelajaran Kolase Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SBdP. Journal of Business Theory and Practice, 10(2), 6. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/17

Salo, E. S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif. 2022, 13–18. https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2260

Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. 6(1), 35–42.

Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199-217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59352

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Miranda Agita Jabat, Putra Afriadi, Sorta Simanjuntak, Albert Pauli Sirait, Try Wahyu Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id