Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Di Kelas III-B SD Negeri No. 053975 Stabat Lama 2015/2016
Abstract
Abstrak : Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Di Kelas III-B SD Negeri No. 053975 Stabat Lama 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division di kelas III-B SD Negeri No 053975 Stabat Lama. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa 1) Aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division berdasarkan pengamatan kedua pengamat mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. 2) Hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division meningkat dari siklus I ke siklus II.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v1i2.6296
Article Metrics
Abstract view : 302 timesPDF - 238 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id